Grunge : Sounds of Seattle

Ini musik jaman kuliah awal 90’an, masih jadi pendengar setia radio GMR, waktu itu adalah radio khusus musik rock. Tertarik mendengar suara paten Eddie Vedder dari Pearl Jam melalui kaset pertama mereka ‘Ten’ (masih kaset, belum jaman MP3), karena penasaran akan SOS dilanjutkan dengan mendengar lagu-lagu dari Soundgarden, Alice in Chains dan Stone Temple Pilot …. Nirvana juga dicoba, tapi mungkin musiknya yang lebih ke punk dan suara Kurt Cobain yang – menurut saya kurang paten, tidak kena di hati dan tidak jadi fans.


Pearl Jam


Soundgarden


Alice in Chains

Grunge (kadang-kadang disebut SOS alias Sounds of Seattle) adalah sebuah subgenre dari rock alternatif yang muncul pada pertengahan 1980-an di kota Seattle, Amerika Serikat. Gerakan grunge pada awalnya berkisar label rekaman independen Seattle Sub Pop, tetapi tahun 1990-an popularitasnya telah menyebar, dengan popularitas grunge di California dan negara bagian lain dari Amerika Serikat semakin kuat dan menarik perusahaan rekaman besar. Grunge menjadi sukses secara komersial pada paruh pertama tahun 1990-an, terutama karena album Nirvana “Nevermind”, Pearl Jam “Ten”, Soundgarden “Badmotorfinger”, Alice in Chains “Dirt”, dan Stone Temple Pilots “Core”. Keberhasilan band-band ini meningkatkan popularitas rock alternatif dan membuat grunge menjadi bentuk musik paling hard rock populer pada saat itu.

Sering ditandai dengan suara gitar yang menggunakan tingkat distorsi tinggi, fuzz dan efek feedback dari soundsystems, grunge meramu unsur punk hardcore dan heavy metal, meskipun beberapa band dilakukan dengan lebih menekankan pada satu unsur atau yang lain. Pengaruh musik dengan suara mentah punk dan kekhawatiran liris yang sama. Musik grunge juga melibatkan tempo lebih lambat, harmoni disonan, dan instrumentasi yang lebih kompleks yang mengingatkan pada heavy metal. Lirik grunge biasanya adalah kecemasan pada diri sendiri (contohnya lagu I Am Mine dari Pearl Jam), alienasi sosial (contohnya lagu Dirt dari Alice in Chains), apatis (contohnya lagu World Wide Suicide dari Pearl Jam), keterbatasan (contohnya lagu Daughter dari Pearl Jam), sindiran sosial (contohnya lagu Jesus Christ Pose dari Soundgarden) dan keinginan untuk kebebasan & hidup yang lebih baik (contohnya lagu Betterman dari Pearl Jam atau Halfway There dari Soundgarden).


Band grunge telah membuat terobosan ke arus utama musik di akhir 1980-an. Soundgarden adalah band grunge pertama yang menandatangani ke label besar ketika mereka bergabung dengan perusahaan rekaman A & M Records pada 1989. Band grunge Seattle juga kadang-kadang kerjasama antar personilnya misalnya pada proyek Temple of the Dog dan Mad Season.


Pearl Jam "Sirens"


Soundgarden "Live to Rise"


Alice in Chains "Stone"

Comments