Sherlock Holmes : The Movies

Sherlock Holmes

Sherlock Holmes adalah karakter fiksi yang diciptakan oleh penulis Inggris Sir Arthur Conan Doyle (beliau juga adalah seorang dokter). Setting cerita biasanya di London, Inggris dimana sang konsultan detektif yang memiliki kemampuannya deduksi fantastis, Holmes dikenal memiliki penalaran logis yang sangat cerdik, kemampuannya untuk mengadopsi hampir semua keahlian menyamar dan mahir menggunakan ilmu forensik atau ilmu kimia untuk memecahkan kasus-kasus sulit.

Karakter ini pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1887 dan ditampilkan dalam empat novel dan 56 cerita pendek oleh Sir Arthur Conan Doyle, serta karya-karya kemudian diteruskan oleh penulis lain. Novel pertama, A Study in Scarlet, muncul di tahun 1887 dan yang kedua, The Sign of Four, di Majalah Bulanan Lippincott di tahun 1890. Popularitas karakter tumbuh dengan seri pertama dari cerita pendek di The Strand Magazine, mulai dengan "A Scandal in Bohemia" pada tahun 1891; tambahan seri cerita pendek dan dua novel (diterbitkan dalam bentuk serial) muncul dari kemudian ke 1927. Peristiwa dalam cerita berlangsung dari sekitar 1880-1914. Semua kecuali empat cerita yang diriwayatkan oleh teman dan penulis biografi Holmes, Dr. John H. Watson yang juga merangkap sebagai partner Sherlock Holmes dalam memecahkan kasus-kasus kejahatan.

Selain diterbitkan dalam bentuk novel, Sherlock Holmes berkali-kali diadaptasi dalam bentuk drama, drama radio dan – tentu saja favorit saya – film. Banyak sekali aktor yang telah memerankan Sherlock Holmes, sepertinya setiap aktor terkenal – khususnya Inggris, pernah menjadi Sherlock Holmes atau terlibat dalam film mengenai Sherlock Holmes. Berikut beberapa film Sherlock Holmes yang menjadi favorit saya, film yang keren, menghibur sekaligus menjadi media pembelajaran akan hebatnya kemampuan logika sang jagoan (dalam beberapa kasus sang jagoan bahkan disebut sebagai pemadat candu tapi jago ilmu bela diri).

The Hound of Baskervilles (1959) dengan Peter Cushing sebagai Sherlock Holmes dan Andre Morrel sebagai dokter John Watson, ini adalah salah satu kasus Sherlock yang terkenal mengenai kasus anjing raksasa yang meneror desa Baskervilles. Film yang menghibur, Sherlock yang sangat serius diimbangi oleh Watson yang humoris serta bintang tamu keren Christopher Lee.


The Private Lives of Sherlock Holmes (1970) dengan Robert Stephens sebagai Sherlock dan Colin Blakely sebagai Watson. Dalam film ini Sherlock digambarkan tetap serius tapi cenderung murung dan kecanduan pada obat biusnya bisa kumat jika tidak mendapat kasus yang menantang. Watson digambarkan sebagai dokter ceria bahkan cenderung “womanizer”, mereka berdua berhadapan kasus pelik yang melibatkan Ratu Inggris dan Mycroft Holmes, kakak dari Sherlock yang diperankan – sekali lagi dengan keren oleh Christopher Lee. Anda mungkin mengenal mr. Lee sebagai Saruman di trilogi The Hobbit atau sebagai count Dooku di prequel Star Wars.


Sherlock Holmes (2009) instalasi sang detektif yang sangat berbau Hollywood, maklum sang detektif diperankan oleh Robert Downey Jr. sang Iron Man dengan Watson diperankan oleh Jude Law (silakan lihat penampilan kerennya di film perang Enemy at the Gates). Sherlock dalam film ini lebih kontemporer, lebih kikuk, tetap mengandalkan logika, jago bela diri bahkan jago dalam menggunakan senjata api … kelemahan satu-satunya adalah takut naik kuda ! film ini berkisah perseteruan Sherlock dengan bangsawan jahat Lord Blackwood (diperankan dengan hebat oleh Mark Strong). Sukses film ini dilanjutkan dengan sekuelnya tahun 2011 yaitu Game of Shadow menceritakan Sherlock bertempur dengan musuh besarnya, Professor Moriarty.


Sherlock (2010 – sekarang) adalah serial TV dari BBC mengenai petualang Sherlock & Watson di jaman modern Inggris (mereka tetap tinggal di Baker Street 221b). Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock dan Martin Freeman sebagai Watson. Pendapat saya mengenai serial ini ? AWEEEESOOOMEEEEE …. !!! serial yang satu musimnya hanya 3 seri dengan waktu 60 menit ini tidak pernah mengecewakan, sangat sangat menghibur, sangat cerdas, olahan ulang ide Sir Conan Doyle yang seakan tidak pernah membosankan … belum lagi akting dari semua pemeran – saya ulangi, semua pemeran dalam serial ini – sangat keereeen !


Mr. Holmes (2015) adalah film bioskop mengenai Sherlock Holmes terbaru, dengan latar belakang yang sama sekali berbeda dengan film Sherlock terdahulu. Pertama, film ini diangkat dari novel karya Mitch Cullins tahun 2005 bukan dari novel karya Sir Conan Doyle. Kedua, tidak ada Watson dalam film ini. Ketiga, film ini menceritakan saat Sherlock pensiun, tahun 1940an, dimana Sherlock sudah berumur hampir 100 tahun dan lebih asik beternak lebah dibandingkan mengungkap kasus kejahatan. Akting dari pemeran Sherlock yaitu Ian McKellen (pemeran Magneto dalam seri X-Men atau Gandalf dalam seri Lord of the Ring) sangat meyakinkan dalam drama sang detektif terkenal yang bukan hanya mengenang masa kebesarannya, kasus tak terpecahkan sampai pergulatan melawan kepikunan. Sangat menyentuh !


Terakhir, saya tak sabar lagi menunggu Sherlock versi baru yang akan tayang bulan Desember ini, pasti keren lah. Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman kembali ke jaman Victoria !


Comments