Sistem Basis Data 2 : Latihan ERD

Latihan Entity Relationship Diagram
23-Oktober-2015

Pasundan Jasa


Proses bisnis
Pasundan Jasa adalah sebuah perusahaan angkutan umum yang mempunyai kekhususan dalam melayani penumpang ke atau dari Bandara Soekarno-Hatta dari atau menuju kota Bandung. Setiap penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan Pasundan Jaya dapat membeli tiket yang tersedia di loket penjualan tiket yang terdapat di beberapa tempat pemberangkatan.

Harga tiket Pasundan Jaya adalah sama untuk setiap tempat pemberangkatan yaitu Rp. 115.000,-. Pasundan Jaya mempunyai banyak kendaraan yang melayani trayek tersebut dengan jadwal pemberangkatan teratur per 1,5 jam, selama 24 jam. Pemberangkatan kendaraan dilaksanakan menurut jadwal pemberangkatan, meskipun kendaraan tidak mengangkut penumpang yang mengisi semua tempat duduk.

Setiap kendaraan diawaki oleh seorang sopir dan dua orang pembantu sopir yang bertugas mengurus bagasi dan membantu pekerjaan sopir. Setiap penumpang dapat membawa banyak barang bawaan, baik dibawa ke dalam kendaraan ataupun disimpan dalam bagasi kendaraan.

Persyaratan (requirements)

  1. Dapat menyediakan informasi mengenai penumpang dalam jadwal tertentu.
  2. Dapat menyediakan informasi mengenai sopir & awak kendaraan dari kendaraan dengan nomor polisi tertentu
  3. Dapat menyediakan informasi mengenai tiket kendaraan.

Latihan

  1. Identifikasi obyek penting dari studi kasus di atas serta tulis deskripsinya.
  2. Tentukan atribut yang diperlukan oleh obyek penting (entitas), minimal 4 (empat) atribut. Tentukan pula berdasarkan hasil analisis, atribut mana yang menjadi primary key dan non-key attributes.
  3. Buatlah Entity Relationship Diagram lengkap untuk pelayanan angkutan Pasundan Jasa.
  4. Tulis dalam lembar jawaban & diakhir jam kuliah dikumpulkan oleh ketua kelas untuk diserahkan ke bagian DHMD. Mahasiswa yang tidak mengumpulkan tidak akan mendapat nilai & tidak diperbolehkan ikut susulan tugas.
  5. Selamat bekerja !

Comments