Sistem Informasi : Membangun Solusi Sistem Informasi

Membangun Solusi Sistem Informasi


Siklus pengembangan sistem informasi biasanya didasarkan pada beberapa tahapan dalam pendekatan sistem untuk memecahkan masalah berikut:
  • Investigasi sistem (Investigate). Tahap ini dapat dimulai dengan proses perencanaan sistem informasi formal untuk membantu memilah-milah beberapa pilihan dari banyak peluang. Biasanya hal ini dilakukan karena biaya yang terkait dengan pengembangan sistem informasi, pada tahap ini meliputi analisis biaya dan atau manfaat sebagai bagian dari studi kelayakan.
  • Analisis sistem (Analyze). Tahap ini mencakup analisis kebutuhan informasi dari pengguna akhir, lingkungan organisasi dan sistem apapun yang saat ini digunakan untuk mengembangkan persyaratan fungsional dari sistem baru.
  • Desain Sistem (Design). Tahap ini mengembangkan spesifikasi untuk perangkat keras, perangkat lunak, orang, dan sumber daya data dari sistem. Produk informasi sistem ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk implementasi.
  • Implementasi sistem (Implement). Organisasi akan mengembangkan atau memperoleh hardware dan software yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan desain sistem. Pengujian sistem dan pelatihan orang untuk mengoperasikan dan menggunakan sistem juga merupakan bagian dari tahap ini. Sehingga pada akhirnya, organisasi mengkonversi sistem lama ke sistem baru (yang lebih baik dan menguntungkan).
  • Sistem Pemeliharaan (Maintain). Pada tahap ini, manajemen menggunakan proses review setelah implementasi untuk memantau, mengevaluasi, dan memodifikasi sistem yang diperlukan.

Sumber : 
James O’Brian, Introduction to Information Systems, McGraw-Hill, 2010

Comments