Kuliner : Ayam Oven & Steak Tahun Baru

Ayam Oven & Steak Nikmat
Tahun Baru 2016



Mau masak nikmat cara mudah ?, mungkin resep ini bisa dicoba untuk acara spesial bareng keluarga atau orang-orang yang anda cintai, serta ingin anda manjakan perutnya ! Masak ayam oven bisa dilakukan dengan banyak cara serta macam2 bumbu, ini versi ayam oven gaya cepat (maklum yang masaknya juga sudah lapar). Langkah pertama adalah siapkan bahan-bahan, bahan utama adalah ayam (saya gunakan 2 ekor ayam sudah dipotong, pake yang masih utuh sebenarnya lebih bagus cuma lebih repot dikit) dan kurang lebih 6-8 kentang ukuran sedang, cuci bersih (nggak perlu dikupas) lalu potong empat. Bumbu untuk rebus dan oven siapkan bawang bombay 3 biji, jahe (2-3 potong kecil), bawang putih, 4-5 lembar daun jeruk.


Jangan lupa siapkan garam, merica, mentega secukupnya dan - bintang bumbunya - adalah saos BBQ versi Hickory Smoke, saos BBQ favorit saya dengan 'efek asap' nikmat !


Kalau mau cepat matang, rebus dulu ayam, siapkan air dalam tempat rebusan (jangan terlalu penuh). Siapkan bumbu-bumbunya, lalu masukan 4-5 full sendok teh garam, 1-2 full sendok teh merica, 4-5 bawang putih (bikin gepeng lalu cincang), masukan daun jeruk dan jehe. Rebus sekitar 15-20 menit saja sampai ayam setangah matang. Beres rebus ayam, pakai kuah kaldunya untuk merebus kentang, kurang lebih 20 menit juga, jangan terlalu lama ntar kentangnya terlalu masak.


Kedua bahan ditiriskan dulu, kita siapkan loyang untuk tempat masakan di oven.


Olesi dasar tempat oven pakai mentega, taburi 1 bawang bombay yang sudah dicincang, sedikit bawang putih (sudah dicincang juga dong) terus taburkan sedikit merica.


Susun ayam dan kentang hasil rebusan, ayam rebus dilumuri dulu dengan saus BBQ. Pake lagi sedikit mentega untuk kentang dan siramkan sedikit (3-4 sendok makan) kaldu rebusan supaya hasil masak oven tidak terlalu kering. Taburkan sedikit garam sesuai selera.


Nah karena ini masak istimewa tahun baru, sudah siap juga daging steak. daging steak ini bisa beli di pasar, minta aja daging untuk steak tenderloin atau sirloin. Mahal sih, harga daging lokal bisa seharga rp. 120 - 130rb per kilonya. Siapkan dagingnya, tusuk-tusuk pake garpu daging supaya empuk, potong ukuran steak, bumbui dengan saus BBQ lalu simpan dulu di kulkas sekitar 8 - 12 jam (jangan lupa dibungkus pake daun pepaya supaya tambah empuk). Masak nggak perlu dibakar, cukup digoreng aja di penggorengan datar, panaskan sedikit mentega dan bawang putih (yang sudah digepengkan) ... panaskan daging steaknya, jangan lupa pake sedikit saus BBQ dan jintan (steak versi bule pake bumbu thyme, karena harganya mahal maka saya pake jintan saja, sama kok rasanya ... sumpah!).


Masak ayam di oven kurang lebih 1 jam (jangan lupa dicek, tambah kaldu atau mentega jika diperlukan maksudnya supaya ayam nggak kering), masak steak sesuai selera (mau rare, medium atau well done, terserah ... ). Sajikan ... uih wanginya !


Sajikan dengan tumis sayuran (buncis, wortel, jagung manis dan bawang bombay), kalo males motong2 sayurannya, beli aja sayuran campur beku dari supermarket. Ditambah dengan saus jamur supaya lebih nikmat. 

Catatan ; nggak perlu beli daging steak impor, steak daging lokal jika diolah dengan benar dan bumbu yang tepat .... dijamin nggak kalah empuk dan enak dibanding steak impor !
Selamat Tahun Baru !

Comments