Sistem Informasi : Presentasi Tugas Besar

Sistem Informasi 
Presentasi Tugas Besar
Semester Ganjil 2015-2016


Minggu pertama bulan Januari 2016 ini dilaksanakan kegiatan presentasi tugas besar kuliah sistem informasi yang bertempat di ruang 602 labkom TIF Unpas. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berakhirnya semester ganjil 2015-2016 serta sebagai ajang keilmuan yang merangkum kegiatan perkuliahan, survey dan responsi selama semester ini.


Saya tidak dapat mengikuti semua presentasi kelompok dikarenakan berbagai kegiatan di jurusan TIF, termasuk kuliah-kuliah tambahan (maklumlah semester ini banyak libur di hari Jumat & Sabtu dan saya ngajar beberapa mata kuliah di hari tersebut). Berikut adalah manfaat yang kami, dosen-dosen kuliah sistem informasi harapkan didapat mahasiswa dari kegiatan selama semester ini.


Pertama, dari kegiatan perkuliahan mahasiswa mendapat pemahaman akan konsep sistem informasi serta kemampuan untuk memodelkan sebuah sistem dengan menggunakan kakas tertentu dan lebih jauh lagi mampu melatih kemampuan analisis terhadap sebuah sistem. Kedua, dari kegiatan kelompok dan survey ke berbagai instansi atau organisasi diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan bekerja secara kelompok, menghargai pendapat orang, mampu mengeluarkan pendapat serta menuliskannya, self management, team management, dokumentasi, mencatat lalu menganalisis lalu membuat laporan hasil survey dst. Ketiga, dari kegiatan responsi diharapkan mahasiswa sanggup untuk mengatur target pencapaian hasil survey dan mendiskusikannya dengan asisten. Terakhir, dari kegiatan presentasi diharapkan mahasiswa dapat mengkomunikasikan (hasil survey & responsi), dapat melakukan transfer pengetahuan, berlatih bicara di depan umum, mampu menyiapkan presentasi yang menarik sekaligus memiliki bobot ilmiah.


Yang saya tulis diatas adalah kondisi ideal yang diharapkan tetapi dari usaha (sebagian besar) mahasiswa dalam menjalankan proses pembelajaran dalam semester ini sangat saya hargai. Masih ada kekurangan-kekurangan, hal yang sangat wajar dalam prosesnya yang diharapkan menjadi bahan kajian dan pembelajaran di semester selanjutnya. Tetap semangat, tetap percaya diri ... dan jangan lupa, tetap belajar !

Memeriksa laporan tugas besar mahasiswa sangat ideal ditemani oleh gorengan, donat manis serta teh panas ! 

Comments