Bandung's Car Free Day

Car Free Day

Suasana CFD Dago 14 Februari 2016

Car Free Day mendorong pengendara untuk tidak menggunakan motor atau mobil mereka selama satu hari. Acara ini diselenggarakan serta diadakan di beberapa kota dan negara. Tanggal 22 September adalah hari World Car Free Day. Menurut koran The Washington Post, acara ini bermaksud "mempromosikan peningkatan angkutan massal, bersepeda dan berjalan menuju tempat bekerja atau tempat belanja yang lebih dekat dengan rumah dalam masyarakat ". Studi menunjukkan bahwa untuk perjalanan singkat dalam kota, lebih cepat menggunakan sepeda daripada menggunakan mobil. Car Free Day bervariasi menurut lokasi, memberikan pengendara dan komuter ide di wilayah mereka dengan penggunaan mobil yang lebih sedikit.

Coba cari Ksatria Baja Hitam dalam foto ini !

Car Free Day di Bandung dilaksanakan di sepanjang jalan Dago pada setiap hari Minggu jam 6-10 pagi, meskipun tidak sepenuhnya sesuai dengan ide awal Car Free Day tetap merupakan ajang sosialisasi pengurangan penggunaan kendaraan bermotor, jalan umum menjadi sarana jalan kaki (olah raga) bahkan menjadi arena wisata untuk sebagian penduduk kota. Sayangnya ada yang datang ke CFD masih membawa kendaraan bermotor dan meskipun tidak separah pegadang kaki lima di Gasibu jaman dulu (sebelum ditertibkan) mulai banyak pedagang memenuhi pelataran parkir di sepanjang Dago. Menariknya, CFD menjadi ajang sekelompok anak muda untuk unjuk kreativitas misalnya skateboard, cheerleader bahkan sampai sosialisasi jilbab. Anak muda Bandung memang keren ! (kecuali yang kampungan tentunya, yang buang sampah sembarangan, yang merokok nggak beres-beres sampai yang mengganggu kenyaman sesama).

Toko You

Interior gaya rumah Joglo Jawa di Toko You

Nah, kalo sudah cape jalan-jalan di CFD Dago, rasanya tidak salah kalau kita nangkring di Toko You. Aneh juga kenapa disebut Toko You, mungkin berasal dari nama toko yang pertama kali buka tahun 1947. Sekarang Toko You adalah rumah makan bernuansa jaman dulu, terletak di Jln. Hasanuddin 12  seberang RS Borromeus (tidak ada plang nya lho!). Jika ingin mencicipi masakan tempo dulu, ngopi, sushi bahkan sampai minum jamu, tempat ini adalah tempat yang tepat. Saya pertama kali berkunjung ke Toko You sekitar tahun 1990 (masih mahasiswa) dan tempat ini nyaris tidak banyak berubah setelah 25 tahun ! Makanan favorit saya disini adalah Yamin Asin dengan Siomay ukuran XL alias Extra Large, makanan penutup bisa pesan es krim Teh Hijau atau jus alpukat … tentu saja pesan kopi, kali ini saya pesan Coffee Americano, niikmaaattt !!! Harga makanan antara 10rb – 60rb, cukup terkangkau lah.  

Yamin Asin, Siomay XL dan Coffee Americano, mantap !

Comments