Membaca = Mengubah Hidup



Pernahkah Anda membaca sebuah buku yang menginspirasi Anda untuk membuka lembaran baru dalam hidup? Jika demikian, menurut penelitian baru, Anda tidak sendirian. Penelitian yang dilakukan Quick Reads dan Galaxy menunjukkan, kebiasaan membaca buku dapat membantu hidup seseorang. Pembaca bisa 'menemukan diri sendiri' dan mengambil arah tertentu dalam hidupnya. Sebanyak 27 persen orang yang diteliti mengatakan, membaca buku telah mengilhami mereka untuk membuat perubahan positif dalam hidup, seperti mencari pekerjaan baru atau mengakhiri hubungan yang tidak bahagia. Sedangkan, 36 persen lainnya mengakui membaca buku mendorong mereka untuk melakukan perjalanan. Membaca juga memiliki efek positif pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Seperlima peserta mengatakan membaca buku memotivasi mereka untuk merawat diri lebih baik dan 19 persen lainnya termotivasi melakukan hobi baru yang positif. 

Membaca juga membantu seseorang mengatasi stres. Buktinya, sebanyak 38 persen orang berkata buku adalah obat stres yang sangat ampuh. Sejumlah 35 persen peserta mengatakan membaca buku memberikan rasa nyaman saat mereka bersedih. Sementara 41% peserta penelitian menyebutkan bahwa membaca buku adalah kegiatan yang lebih menghilangkan stres daripada nongkrong dengan teman-teman. "Setiap kali Anda membaca buku, Anda mendapatkan tambahan pengetahuan, kekuatan, dan kesenangan," kata Andy McNab, salah satu penulis di lembaga Quick Reads.



Comments

  1. Setuju, membaca buku memang menghilangkan stress. Alhamdulillah saya hampir setiap hari membaca buku, tidak harus buku pelajaran, majalah, koran, novel, komik, dll sangat membantu mengembangkan pola pikir saya.

    ReplyDelete

Post a Comment