Museum Geologi : Night At The Museum

Museum Geologi
19-03-2016

Museum Geologi yang terletak di Jln Diponegoro 47 Bandung, tak jauh dari Gedung Sate didirikan pada tanggal 16 Mei 29. Dimulai dengan lembaga penyelidikan geologi bernama “Dienst van het Mijnwezen”.  Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

Sabtu 19 Maret 2016 kemarin, Museum Geologi mengadakan acara Night at a Museum (bukan judul filmnya Ben Stiller lho!) dimana dalam rangka Earth Hour musium dibuka untuk umum mulai jam 7 malam sampai dengan 10 malam. Untung saya mengetahuinya melalui medsos (sebenarnya dari medsos ke istri tercinta, baru beritanya sampai ke saya), seumur hidup belum pernah masuk musium malam-malam. Seperti biasa setiap malam minggu, mulai dari Dago, Dipati Ukur, Gasibu sampai dengan Diponegoro lumayan macet tapi saya dan keluarga bisa datang on time di musium dan ternyata, banyaaak sekali peminat acara ini, sangat surprise. Ngantri beli tiket, tiket yang sangat super murah, cuma rp. 3.000,- terus dapat komplimen snack lagi, tambah permen juga ! Masuk lantai 1 melihat fosil gajah purba, melihat anak-anak sedang asik nonton film alam semesta, pameran batuan, mineral dan kristal. Melanjutkan ke lantai 2 melihat geologi serta kehidupan manusia, melihat akibat dari awan panas gunung berapi, film mengenai tsunami .. termasuk ada simulasi gempa bumi, sayang tidak dijalankan padahal kelihatannya asik malam-malam merasakan gempa 6,2 skala Richter tapi tetap selamat !

Dalam rangka Earth Hour, lampu-lampu di dalam musium dipadamkan dari jam 8 sampai dengan jam 9. Mengasyikan bergelap-gelap, hanya pakai senter dibimbing oleh guide yang menjelaskan fase-fase kehidupan di bumi sambil ngeceng fosil-fosil binatang purba. Bukan hanya ini pengalaman unik tapi juga saya sangat senang banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya berkunjung, bukan hanya rekreasi murah tapi juga belajar banyak dengan sangat menyenangkan. Terima kasih Museum Geologi !

Jam 7 para pengunjung museum sudah antri, tidak sabar ingin masuk.

Menikmati koleksi mineral dan batuan di Lantai 1.

Koleksi batuan dan mineral ... juga.

Salah satu koleksi museum favorit saya, kristal amethyst .... gedeee banget !

Bergelap-gelap melihat pajangan fosil.

Bersantai di depan Museum Geologi setelah lelah berkeliling ...

.... sambil makan kerak telor ala betawi !
  

Comments

Post a Comment