Penerapan Komputer : Web Search Engine

Mesin pencari web adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web. Hasil pencarian umumnya disajikan dan disebut sebagai halaman hasil mesin pencari (SERPs = search engine results pages). Informasi yang terdiri dari halaman web, gambar dan jenis file lainnya. Beberapa mesin pencari juga mencari data yang tersedia dalam database atau direktori terbuka. Tidak seperti direktori web, yang dipertahankan hanya oleh editor manusia, mesin pencari juga menjaga informasi secara real-time dengan menjalankan algoritma pada web crawler (Internet bot yang secara sistematis menelusuri World Wide Web, biasanya untuk tujuan pengindeksan Web).

Mesin pencari internet dimulai oleh Web pada bulan Desember 1990. Pencarian pengguna Whois pada tahun 1982 dan Layanan Informasi Knowbot multi-jaringan pencarian pengguna pertama kali digunakan pada tahun 1989. Yang pertama didokumentasikan mesin pencari yang dicari file konten, yaitu file FTP adalah Archie, yang memulai debutnya pada 10 September 1990. Pada September 1993 World Wide Web sepenuhnya telah diindeks. Ada daftar web server diedit oleh Tim Berners-Lee dan host di CERN webserver (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire = European Organiztion for Nuclear Research).


Google Search, yang biasa disebut sebagai Google Web Search atau Google, adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Google Inc. Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di World Wide Web, menangani lebih dari tiga miliar pencarian setiap hari. Pada Februari 2015 adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 64,5%. Urutan pencarian di laman hasil penelusuran Google didasarkan, sebagian, pada peringkat prioritas yang disebut sebagai  "PageRank". Google Search menyediakan berbagai pilihan untuk pencarian disesuaikan serta menggunakan operator Boolean seperti: pengecualian ( "XX"), alternatif ( "xx OR yy OR zz") dan wildcard ( "Winston Churchill *" menghasilkan "Winston Churchill", " Winston Spencer Churchill ", dll.). Pilihan yang sama dan lainnya dapat ditentukan dengan cara yang berbeda pada halaman Pencarian Khusus.

Web search engine populer

Tujuan utama dari Google Search adalah untuk berburu teks dalam dokumen yang dapat diakses publik yang ditawarkan oleh server web, berlawanan dengan data lain, seperti gambar atau data yang ada di database. Google pada awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Google Search menyediakan beberapa fitur luar mencari kata-kata. Ini termasuk sinonim, prakiraan cuaca, zona waktu, harga saham, peta, data gempa bumi, jadwal pemutaran film, bandara, listing rumah, dan skor olahraga. Ada fitur khusus untuk nomor, tanggal, dan beberapa bentuk-bentuk khusus, termasuk rentang, harga, suhu, uang dan unit pengukuran konversi, perhitungan, pelacakan paket, paten, kode area, dan bahasa terjemahan. Pada Juni 2011 diperkenalkan "Google Voice Search" untuk mencari diucapkan, bukan diketik, kata-kata. Pada bulan Mei 2012 memperkenalkan fitur pencarian semantik Grafik Pengetahuan di AS. Analisis frekuensi istilah pencarian mungkin menunjukkan ekonomi, sosial dan tren kesehatan. Data tentang frekuensi penggunaan istilah pencarian di Google telah terbukti berkorelasi dengan, misal dengan terjadinya wabah flu dan tingkat pengangguran, dan memberikan informasi yang lebih cepat dari pelaporan tradisional metode dan survei.

Aplikasi Google

Comments