ITPhoria : Start Up Challenge Unpas 2016

SUC 2016
06 Mei 2016


Sebuah perusahaan start up (start up company) adalah usaha kewirausahaan atau bisnis baru dalam bentuk sebuah perusahaan, organisasi kemitraan atau yang bersifat sementara serta dirancang untuk mencari model bisnis yang berulang dan terukur. Umumnya start up company dimulai oleh orang-orang muda (termasuk mahasiswa) idealis untuk membentuk usaha dengan berbantuan teknologi informasi.

Himpunan mahasiswa TIF Unpas, hari Jum’at 6 Mei 2016 (hari libur tapi tetap semangat!) mengadakan acara Start Up Challenge Unpas 2016 untuk para mahasiswa dengan harapan mahasiswa, baik ketika belajar dan setelah lulus dapat menciptakan pekerjaan, bukan hanya mencari pekerjaan. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi. Untuk acara ini telah diseleksi 10 tim dari Universitas Pasundan, Universitas Indonesia, Universitas Telkom, Politeknik Pos, Unjani dan – paling jauh datang dari Politeknik Surabaya. Sangat mengasyikan dan menyenangkan melihat 10 tim menyajikan berbagai ide untuk membuat perusahaah start up, mulai dari yang ‘kental berbau’ teknologi informasi seperti cloud systems, e-business, e-commerce, on line store sampai dengan membahas hidroponik dan self improvement. Bukan hanya idenya sangat menarik tapi materi dan penampilan presentasi mereka sangat bagus, beberapa malah sudah siap dengan analisis bisnis, prototype aplikasi serta demo sistem.

Para peserta semuanya sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan tajam dari para reviewer yang terdiri dari dosen TIF Unpas dan para praktisi start up company yang telah berhasil seperti bpk. Aqshat dari Nolimit Indonesia (www.nolimitid.com) perusahaan bidang sosial media & big data, bpk. Rizal dari Sasbuzz (www.sasbuzz.com) perusahaan marketing software dan bpk. Onay dari Gandengtangan (www.gandengtangan.org) perusahaan dana & wirausaha. Sebetulnya kurang tepat disebut bapak, mereka orang-orang muda (belum ada yg umurnya 30 tahun lho!) yang berhasil dengan start up company nya. Acara ditutup dengan pemaparan dan bagi-bagi pengalaman dari bpk. Aqshat, dilanjutkan dengan pengumuman 3 besar pemenang kompetisi ini. Untuk saya pribadi, 10 tim ini adalah para pemenangnya … mereka bukan hanya memiliki ide tapi mampu menulis, meneliti, membuat dan menyampaikan idenya dengan cara yang menarik (padahal mereka sibuk kuliah) ! Selamat untuk para peserta semua, generasi muda harapan bangsa ! Berikut foto-foto peserta 'in action'.











Penulis ucapkan selamat serta terima kasih untuk seluruh panitia penyelenggara acara (Himpunan Mahasiswa Unpas), Ibu Ita selaku Kormas, Pak Iwan ( … untuk Internet di R602!) dan Prodi IF Unpas yang diwakili oleh Ibu Ayi selaku Kaprodi dalam mensukseskan acara ini, hidup TIF Unpas !

Para peserta telah bersiap, acara dimulai jam 9 ...
Acara dibuka oleh Kaprodi TIF Unpas
Berbagi pengalaman start up company bersama bpk. Aqshat dari Nolimit Ind. 

Reviewer sedang beraksi .... 

Comments