Teknologi Informasi Dalam Mendukung Pendidikan


Teknologi informasi telah mengubah dunia kita, dan anak-anak sekarang menggunakan teknologi dengan menekan tombol keyboard komputer atau laptop atau layar gesek pada smart phone. Munculnya perangkat mobile berarti anak dapat mengakses materi belajar di mana saja dan kapan saja. Ada lebih dari 80.000 aplikasi untuk pendidikan ditulis untuk iOS, Windows dan perangkat Android, pada setiap subjek dan kelas untuk dari TK sampai dengan perguruan tinggi. Yang paling jelas adalah aksesibilitas memiliki banyak manfaat dari pendidikan teknologi untuk anak-anak, tapi apa adalah beberapa manfaat tersebut yang diamati di kelas?

Siswa Akan Lebih Terlibat
Siswa yang terlibat dalam kelas karena penggunaan teknologi informasi tidak lagi menjadi peserta didik pasif, tetapi orang-orang yang aktif yang memiliki peran dalam kelas. Anak-anak atau siswa dapat diandalkan untuk membuat pilihan di mana untuk menemukan informasi, bagaimana menggunakannya dan mereka bagaimana mereka akan ‘hadir’ di kelas. Guru masih diperlukan hadir sebagai pelatih atau fasilitator yang akan memberikan tujuan pembelajaran, dan memberikan pedoman dan sumber daya, namun tidak lagi menjadi pusat perhatian sebagai satu-satunya penyedia informasi.

Siswa Mendapatkan Perhatian Lebih Individual
Teknologi informasi di dalam kelas berarti tidak ada lagi satu ukuran cocok untuk semua pendekatan pendidikan. Sebuah keuntungan besar dari teknologi saat ini dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelajaran siswa. Seorang guru dapat melacak secara real time kemajuan siswa, membiarkan guru untuk fokus pada siswa yang kurang (faham materi pembelajaran) sementara siswa yang lain bekerja sesuai kecepatan belajarnya. "Seorang guru bisa tahu-siapa yang dapat diandalkan untuk melakukan banyak kemajuan dalam pembelajaran, dan yang siswa yang masih bingung, dibandingkan dengan menunggu untuk memperbaiki penilaian 30 siswa," kata Tracy Gray, direktur Center on STEM Education and Innovation at the American Institutes for Research.

Siswa Bekerja Lebih Baik Dengan Guru
Siswa dan guru menjadi mitra dalam pendidikan dan teknologi informasi membantu mereka bekerja sama untuk hasil yang lebih baik. "Kita perlu guru yang handal dan bersedia untuk mengajar side-by-side dengan peserta didik. Guru yang tidak takut untuk mengakui, "Saya tidak tahu", dan kemudian bisa berkata, "Mari kita cari tahu bersama-sama", tulis Al Rogers dari Global School Net Foundation. "Guru-guru ini perlu tahu bagaimana menggunakan berbagai teknologi yang tidak hanya dapat menjawab pertanyaan, tapi membuat pertanyaan juga. Kita perlu guru yang mengerti bahwa belajar di dunia sekarang ini bukan hanya soal menguasai pengetahuan statis, tapi juga menjadi handal untuk menemukan situs tertentu yang dapat mengubah pengetahuan itu sendiri".

Siswa Membangun Skills for Life
Siswa menggunakan teknologi untuk mengakses internet, menikmati manfaat dari kelas global di mana informasi tersedia dan berbagi – hal yang melampaui ruang kelas. Ketika siswa menggunakan teknologi untuk mengembangkan sejumlah keterampilan hidup seperti berpikir kritis termasuk, pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi. Meningkatkan pemanfaatan teknologi dan akan menambah pengalaman belajar dan menumbuhkan kecintaan belajar seumur hidup sehingga siswa dapat terus mengembangkan pikiran ketika secara formal sekolah telah berakhir.

Sumber : Renee Young
http://computerexplorers.com/


Comments