The Jungle Book

Rudyard Kipling
The Jungle Book (1894) adalah kumpulan cerita karya penulis Inggris Rudyard Kipling. Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1893-1894. Publikasi asli berisi ilustrasi, hasil karya ayah penulis, John Lockwood Kipling. Kipling lahir di India dan menghabiskan enam tahun pertama dari masa kecilnya di sana. Setelah sekitar sepuluh tahun di Inggris, ia kembali ke India dan bekerja di sana selama sekitar enam tahun. Cerita-cerita ini ditulis ketika Kipling tinggal di Naulakha, di Dummerston, Vermont (Brattleboro), Amerika Serikat. Ada bukti bahwa koleksi cerita ditulis untuk putrinya Josephine, yang meninggal pada tahun 1899 di usia enam tahun.

Cerita dalam buku (maupun yang di The Second Jungle Book tahun 1895 dan yang meliputi lima cerita lebih lanjut tentang Mowgli) adalah dongeng, menggunakan hewan dengan cara antropomorfik untuk memberikan pelajaran moral. Aturan  hukum hutan, misalnya, meletakkan aturan untuk keselamatan individu, keluarga, dan masyarakat. Kipling menulis yang dia "dengar atau impikan tentang hutan di India." Pembaca lain telah menafsirkan pekerjaannya sebagai alegori politik dan masyarakat saat itu. Yang paling terkenal dari mereka adalah tiga cerita berputar di sekitar petualangan Mowgli, "bocah srigala" yang dibesarkan oleh serigala di hutan India.

Film Kartun The Jungle Book (1964)
Saya belum nonton film The Jungle Book terbaru dari Disney (versi CGI 2016), baru nonton versi kartunnya yang juga dari Disney, film tahun 1964 yang menceritakan petualangan Mowgli yang sejak kecil dibesarkan oleh Rama sang srigala. Hidup Mowgli yang aman damai dihutan, bersama-sama saudara-saudara srigalanya terancam dengan datangnya Shere Khan, macan India yang terkenal membenci manusia. Mowgli, dibantu oleh Bagheera, black panther yang menemukan Mowgli sewaktu bayi serta Baloo, beruang periang berusaha mengembalikan Mowgli ke ‘alam manusia’. Petualangan mereka yang menjadi inti dari film ini. Menghibur, meskipun tidak 100% sama dengan sumbernya. Berikut adalah concept art dari film The Jungle Book terbaru, indah sekali gambar-gambarnya ! … bukan promosi ya, tapi gambarnya memang keren.













Comments