The Nearest Exit

The Nearest Exit
Olen Steinhauer
Novel


Novel spy ini bercerita mengenai agen Milo Weaver alias Sebastian Hall, agen rahasia yang dikenal sebagai turis dari Departemen Turisme, departemen rahasia yang berada di bawah naungan CIA (Central Intelligence Agency). Saking rahasianya, tidak setiap orang di CIA sendiri tahu bahwa departemen tersebut ada. Departemen yang mengurusi pekerjaan CIA paling kotor, pembunuhan, pemerasan, jika diperlukan hal-hal yang bahkan agen rahasia lain tak sanggup melakukannya.

Milo adalah agen dengan masa lalu yang kompleks, anak dari ibu teroris radikal  Jerman-Amerika, ayah diplomat (agen rahasia juga) Rusia, dibesarkan di Amerika dan pernah dipenjarakan pemerintahnya sendiri. Hanya karena keahliannya, dia dapat diterima kembali di Departemen Turisme. Problemnya adalah, dengan manajemen baru di Departemen Turisme, Milo harus dapat membuktikan kesetiaannya dengan mematuhi perintah menculik dan membunuh anak gadis remaja asal Moldova yang menjadi imigran di Jerman. Problem selanjutnya adalah Milo satu-satunya turis yang memiliki istri dan … anak gadis kecil!

Ujian ini bukan hanya bertentangan dengan hati nurani Milo, menjadikan posisinya terjepit untuk mencari jalan keluar. Jalan keluar yang melibatkan intrik-intrik dunia spionase yang dimulai dengan dengan pertanyaan sederhana : “Mengapa CIA ingin membunuh anak kecil yang tidak berdaya?” Jawabannya ternyata sangat rumit yang melibatkan Departemen Turisme yang terancam ditutup CIA, dinas rahasia Jerman, senator Amerika yang menjadi penyebab kerusuhan di Afrika sampai dengan balas dendam petinggi dinas rahasia Cina.

Novel dengan setting kebanyakan di Eropa (mengingatkan film-film Jason Bourne), dengan penulisan yang sangat detail mengenai kegiatan intelijen, intri-intrik spionase, pengumpulan dan analisis informasi yang sangat menarik. Jangan berharap ada action yang berlebihan seperti film James Bond, novel ini malah lebih nyambung dengan film spy serius Thinker, Tailor, Soldier, Spy yang diangkat dari novelnya John Le Carre. Penceritaan yang sangat detail dari novel ini benar-benar keren. Buku spy jempolan !

..... dapat diskon 30% lagi waktu beli di Rumah Buku Jln. Supratman ! 

Buku Fantasteen : Psycho dari Fadhila Mazidafazka dkk. sudah bisa dibeli di Rumah Buku lho!

Comments