X-Men Apocalypse



Baru nonton hari ini, seri super hero komik X-Men dari Marvel berjudul X-Men Apocalypse. Ini adalah film X-Men ke 6 (film pertama tahun 2000) atau film X-Men ke tiga dengan pemeran Professor Charles Xavier alias Professor X adalah James McAvoy dan pemeran Erik Lehnsherr alias Magneto adalah Michael Fassbender. Seri X-Men secara garis besar adalah perseteruan dua pemimpin mutant (manusia yang memiliki kemampuan luar biasa karena mutasi genetik) yaitu Professor X sebagai pihak protagonis serta pemimpin X-Men, mutant yang membela manusia melawan Magneto sebagai pihak antagonis pemimpin Mutant Brotherhood yang membenci manusia. Sebenarnya rada salah juga Magneto disebut jahat karena tidak jarang dia kerja sama dengan para X-Men untuk melawan musuh bersama.


Cerita dimulai dari jaman Mesir kuno, dimana seorang mutant terkuat yaitu En Sabah Nur alias Apocalypse (Oscar Isaac, tonton lagi Star Wars Episode VII sebagai Poe Dameron) akan beralih jasad ke mutant yang lebih muda, dalam rangka tubuh lama sudah tua dan pindah roh ke tubuh mutant muda (sekalian menghisap kekuatan mutant nya), maka tidak aneh dia jadi mutant pertama dan terkuat. Sayangnya kegiatan tersebut dikhianati oleh bala tentaranya sendiri, piramid tempat upacara dihancurkan, dan dia terkubur di bawah tanah. Mati? Nggak dong, kalo mati sih filmnya tamat dalam waktu 15 menit!

En Sabah Nur bangkit di tahun 80an, karena kuburannya digali (kejadian ini diketahui oleh Moira, agen CIA mantan kekasih Professor X). Apocalypse tidak membuang waktu, cita-citanya (seperti semua penjahat gila di film Hollywood) adalah menghapus dunia yang menurutnya sudah kacau balau karena tidak dipimpin mutant, menghancurkannya lalu mendirikan dunia baru yang dipimpinnya. Untuk mendukung cita-citanya itulah dia mencari 4 mutant terkuat untuk menjadi anak buahnya, istilah kerennya adalah The Four Horsemen of Apocalypse (meski tak satupun yang naik kuda!). Mutant yang terpilih adalah Ororo Munroe alias Storm (dulu diperankan Halle Berry sekarang oleh Alexandra Shipp), Elizabeth Braddock alias Psylocke (Olivia Munn), Warren Worthington alias Angel (Ben Hardy) dan … Magneto!



  
Magneto mau diajak Apocalyse bergabung karena marah dan frustrasi setelah keluarganya terbunuh oleh polisi Polandia tempat dia bersembunyi setelah kejadian di X-Men Days of Future Past (2014). Magneto pun dihadiahi kekuatan yang lebih besar oleh Apocalyse. Apocalyse dan kawan-kawan memulai terrornya dengan menghancurkan persenjataan nuklir negara-negara super power. Hal ini membuat Professor X dibantu oleh Hank McCoy alias Beast (Nicholas Hoult) bertindak, mendapat bantuan dari Mystique (Jennifer Lawrence) dan X-Men lainnya seperti Cyclops, Jean Grey, Night Crawler dan Quicksilver.

Para pemeran X-Men Apocalyse bersama sutradara Brian Singer
Film yang cukup menghibur, kalau mau dinilai menurut saya film ini lebih bagus dari X-Men First Class (2011) tapi tidak lebih bagus dari X-Men Days of Future Past (2014). Cerita mengalir dengan lancar, sub plot cerita seperti pertemuan Professor X dengan Moira cukup menghibur termasuk pertarungan ‘pikiran’ antara Apocalypse dan Professor X di akhir film. Yang paling menghibur adalah aksi lari cepat Quicksilver menyelamatkan anak sekolah Xavier School dari ledakan …. kereeen banget, nggak kalah dari aksi membebaskan Magneto di film sebelumnya. Bonus lain dari film ini (selain Stan Lee yang lagi-lagi nongol) adalah hadirnya mutant paling populer di serial X-Men, Wolverine ! Dan siapa yang akhirnya bisa membunuh Apocalyse ? kalau masih ingat mutant paling kuat di film X-Men The Last Stand (2006) anda pasti bisa menebaknya!   

Pemeran X-Men Apocalypse berpose di acara Comic Con International

Comments