Jalan-jalan : Singapura

Akhir bulan Juni lalu saya berkesempatan berkunjung ke Singapura, dalam rangka rapat kerja Universitas Pasundan di Kuala Lumpur Malaysia. Rombongan berangkat tanggal 30 Juni pagi dari Bandara Husen Sastranegara Bandung menuju Bandara Changi Singapura, perjalanan ditempuh kl. 1 jam 45 menit. Sampai di Singapura kurang lebih jam 11 (waktu Singapura lebih cepat 1 jam dibandingkan waktu Bandung), cukup lama ngantri di imigrasi, … hati-hati dengan ketatnya imigrasi Singapura, harus tertib, jangan ribut, nggak boleh foto-foto apalagi selfie … merokok adalah dosa besar disini, dendanya bisa lebih dari $500!

Jalan-jalan di Singapura, menggunakan jasa travel wisata (… yang menurut saya kerjanya amatiran sekali!) maka tempat wisata yang dikunjungi adalah tempat wisata standar yang biasa dikunjungi turis Indonesia. Dari bandara Changi kami mengunjungi Orchad Road untuk makan siang, berhenti dekat Hotel Holiday Inn, jalan sedikit menuju Lucky Plaza (di seberang salah satu mall tertua di Singapura yaitu Takashimaya), lalu makan siang ….. iga goreng & sambal ! (aduh bingung, jauh-jauh datang ke Singapura dapat makan gaya kantin Unpas … anggota rombongan lain malah dapat ayam penyet … padahal saya berharap bisa icip-icip laksa asli Singapura lho!)

Kami berkesempatan shalat di mesjid Al Falah di Cairnhill Road dekat Orchad Road, mesjid yang sangat bersih, tertib dan indah .. perjalanan selanjutnya ke Bugis Street (belanja dong, orang Indonesia kan terkenal gila belanja), naik MRT (… nikmatnya naik transportasi umum, kapan ya di Bandung ada transportasi umum yang nyaman ?) dari Bugis Street ke arah Raffles, foto-foto di Merlion (aaargh … nggak ada waktu pergi ke Esplanade ! padahal dekat sekali !) langsung berangkat lagi ke Sentosa Island. Di Sentosa Island rombongan berkunjung ke Musium Lilin Madame Tussaud (mau foto bareng dengan patung lilin bung Karno tapi ngaaantriii … !!!) dan malamnya nonton pertunjukan Wings of Time (jujur saja, saya lebih suka pertunjukan dahulu yaitu Song by The Sea .. lagian mana bisa enjoy, nonton dengan perut kelaparan gara2 travel telat menyediakan makan malam !). Beres pertunjukan rombongan langsung berangkat menuju Kuala Lumpur.

Hatur nuhun Fakultas Teknik Universitas Pasundan yang telah mengeluarkan banyak biaya untuk dosen dan karyawan pergi ke luar negeri ! … tolong jangan pilih travel wisata yang sama untuk perjalanan berikutnya !

Cuaca cerah perjalanan Bandung - Singapura

Pemandangan dari bus saat melintas di jembatan East Coast Parkway
... Singapore Flyers terlihat jelas !

Berfoto di Orchad Road

Shalat berjamaah di Mesjid Al-Falah

Berpose di depan Popeye's Bugis Street

Suasana Bugis Street, tempat belanja oleh-oleh khas Singapura

Mejeng di Merlion

Berpose di jembatan Esplanade Merlion

Foto di Merlion, tampak hotel beken Marina Bay Sands di latar belakang

Gedung pertunjukan Esplanade alias gedung duren !

Comments