Star Wars : Dark Lord The Rise of Darth Vader : Novel

Star Wars : Dark Lord
The Rise of Darth Vader
Oleh : James Luceno


Novel mengenai awal ‘karir’ Darth Vader sebagai tangan kanan Emperor Palpatine merupakan kelanjutan dari film Star Wars Episode III Revenge of the Sith. Cerita dimulai pada saat-saat akhir Clone Wars yaitu saat pelaksanaan order 66 alias perintah pembunuhan terhadap semua ksatria Jedi, ketika para clonetroopers di planet Murkhana menolak untuk membunuh ksatria Jedi pimpinan mereka, Jedi Master Roan Shryne dan Bol Chatak, bersama dengan Padawan Olee Starstone. Jedi yang telah berjuang bersama para clonetrooper selama perang, sehingga Emperor Palpatine menugaskan Darth Vader untuk menyelidiki dan menuntaskan masalah ini. Permintaan ini segera menjadi ajang perburuan para Jedi, dan membawanya kembali ke pusat galaksi, planet Coruscant, dan dari sana ke Alderaan dan berakhir di Kashyyyk (tempat tinggal para Wookie). Selama Darth Vader pencarian ini, beberapa karakter dari Episode III, termasuk Bail Organa, R2-D2 dan C-3PO, Chewbacca, dan Obi-Wan Kenobi, juga diceritakan .. jadi bintang tamu gitu. Awal dari kemitraan Vader, Grand Moff Tarkin juga ditampilkan.

James Luceno, penulis novel ini banyak mencurahkan banyak konflik internal dalam diri Darth Vader yang mejadi Sith, menjadi agen kegelapan, melupakan identitas Jedi-nya yaitu Anakin Skywalker dan belajar kembali untuk menguasai The Force. Emperor Palpatine bermaksud untuk menjadikan misi awal Vader untuk belajar apa artinya menjadi Sith, melakukan konsolidasi kekuasaan Kekaisaran baru lahir, memerintah dengan tangan besi dan menyebar ketakutan diseantero galaksi. Bab-bab terakhir novel ini menggambarkan awal perbudakan para Wookiees dari Kashyyyk, suatu tindakan yang akhirnya akan mengarah pada kemitraan antara Han Solo dan Chewbacca. Novel ini berakhir dengan Obi-Wan Kenobi belajar hidup di Tatooine, setelah duel dengan Anakin Skywalker di Mustafar . Khawatir dengan keselamatan bayi Luke Skywalker, ia belajar berkomunikasi dengan roh Qui-Gon Jinn, yang mengatakan kepadanya bahwa Darth Vader tidak akan pernah kembali ke Tatooine; planet yang Darth Vader ingin lupakan selamanya.

Banyak hal diceritakan dalam novel ini tapi fokus utamanya adalah – tentu saja – adalah Darth Vader, bagaimana ia menyesuaikan diri dengan baju prostetiknya, bagaimana ia mengubah gaya lightsabernya (karena harus melindungi panel kontrol baju prostetiknya), bagaimana ia mengubah duka dan dendamnya menjadi senjata yang sangat mematikan bagi musuh-musuhnya bahkan untuk sekutu yang tidak sepaham … dan bagaimana, seperti halnya para Sith, ia mulai berfikir untuk menguasai kekuatan kegelapan untuk dirinya sendiri dengan menggulingkan Emperor Palpatine ! Meski banyak unsur cerita yang cukup monoton, khususnya yang menceritakan pelarian para ksatria Jedi, tapi novel ini mampu memberi gambaran lengkap, khususnya konflik dalam diri Darth Vader dengan sangat menarik … epilog dengan bintang tamu Obi Wan Kenobi keren banget ! kapan ya Lucasfilm bikin film mengenai Obi Wan Kenobi ?

Darth Vader in Action !

Comments