Pulau Tidung

Pulau Tidung : Tidung Besar, Tidung Kecil & Jembatan Cinta

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Penggunaan wilayah di pulau ini berkembang ke arah wisata bahari seperti menyelam serta penelitian terhadap terumbu karang. Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta (panjang kurang lebih 700 meter) oleh penduduk setempat. Pulau Tidung dapat tempuh kurang lebih 1.5 jam perjalanan dari pantai Marina Ancol menggunakan speed boat. Perjalanan dengan speed boat biasanya tidak langsung ke pulau Tidung tapi mengantarkan penumpang lain ke pulau terdekat seperti pulau Ayer (pulau resort wisata) dan pulau Pari.

Sebagai salah satu tujuan favorit paket wisata, pulau Tidung ini dapat ditemui perkampungan penduduk dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini ini akan melewati fasilitas umum, seperti kantor polisi, sekolah setingkat SMU untuk para pelajar dari pulau sekeliling, mesjid (ada empat mesjid, kalau tidak salah) kumpulan warung dan menuju ke jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk. 

Kegiatan wisata di pulai Tidung mulai dari jalan-jalan menggunakan sepeda yang bisa disewa, snorkeling, naik banana boat, atau jalan ke pulau Tidung Kecil melalui Jembatan Cinta. Jangan lupa, kalau makan sebaiknya pesan ikan segar, bakar atau goreng tetap enak dan dilanjutkan dengan jalan-jalan dipantai sampai dengan matahari terbenam. Pantai Selatan pulau Tidung adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Enjoy !

Berangkat ke Pulau Tidung dari Pantai Marina Ancol pake speed boat

Persinggahan pulau Pari, sebelum ke pulau Tidung

Penginapan Puri Tidung .. asri, bersih, asik untuk liburan keluarga

... langsung berenang, tepat di depan penginapan !

Snorkeling, nggak usah jago berenang, cukup pakai pelampung ..
terumbu karang keren dan ikannya banyaaak deh !

Turun dari kapal setelah puas snorkeling.

... matahari terbenam di pantai Selatan pulau Tidung, indah sekali !

Jembatan Cinta !

Jembatan Cinta lagi !

Ini bukan demo pilkada Jakarta lho ...
berjejal-jejal nunggu giliran naik banana boat.

Tempat nangkring pinggir pantai .. cocok buat cari ilham.

Perjalanan pulang ke Jakarta, Alhamdulillah udara cerah terus !

Comments