Coraline : Novel



Coraline adalah novel karangan Neil Gaiman. Sebuah novel bergenre fairy tale dengan bumbu horror yang bercerita mengenai seorang anak perempuan bernama Coraline. Coraline Jones dan orang tuanya pindah ke sebuah rumah tua yang telah dibagi-bagi menjadi flat. Orang tua Coraline adalah penulis, meski tinggal di rumah mereka cenderung super sibuk, tak ada waktu untuk bermain dengan Coraline. Penyewa lainnya adalah Miss Spink dan Miss Forcible, dua wanita tua pensiun dari panggung, dan Mr. Bobo, yang mengaku melatih sirkus tikus. Suatu hari Coraline menemukan sebuah pintu terkunci di ruang tamu. Dia memohon ibunya untuk membuka pintu, yang ternyata telah ditutup tembok bata. Coraline pergi untuk mengunjungi tetangga barunya Mr. Bobo yang berpesan : "jangan pergi melalui pintu itu".

Ilustrasi "ibu yang lain" dari novel Coraline
Meskipun telah diperingati, Coraline memutuskan untuk membuka pintu ketika tidak ada siapapun di rumah. Kali ini, dia menemukan dinding bata di belakang pintu telah hilang. Di tempatnya adalah lorong panjang yang mengarah ke rumah yang identik dengan rumahnya sendiri tetapi dihuni oleh "ibu yang lain" dan "ayah yang lain". Mereka tampaknya terlihat seperti orang tuanya, kecuali bahwa matanya terbuat dari benda hitam mengkilap seperti kancing. Ibu yang lain ini, lebih tinggi dan lebih tipis dari ibu kandungnya. Rambutnya yang hitam tampaknya bergerak dengan sendirinya, kulitnya seperti kertas putih, dan kukunya yang panjang dan merah. Dalam hal  "dunia lain", Coraline menemukan segalanya menjadi lebih menarik daripada di dunianya :  Ibu lain memasak makanan yang dia benar-benar enak, orang tua nya lebih memperhatikan dia, kotak mainan nya diisi dengan mainan hidup yang dapat bergerak dan terbang, yang lain Miss Spink dan Miss Forcible melakukan pertunjukan yang tidak pernah berakhir di flat mereka, dan lain Mr. Bobo melakukan sirkus tikus.

Coraline bahkan menemukan bahwa kucing hitam liar yang mengembara di sekitar rumah di dunia nyata bisa bicara. Sang kucing mengidentifikasi dirinya sebagai kucing yang sama yang hidup di dunia nyata, dan memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan melalui celah-celah antara dua dunia. Meskipun berbicara kasar dan tidak membantu dalam percakapan, sang kucing mengaku untuk membawa "perlindungan", kemudian menghilang. Sayangnya kesenangan yang dialami Coraline di dunia lain hanya sementara, setelah bolik-balik antara dua dunia akhirnya diketahui motif sebenarnya dari “ibu yang lain” yaitu ingin mengganti mata Coraline dengan kancing hitam, supaya dia tidak bisa pindah dunia, hidup didunia lain selama-lamanya. Hal yang mengerikan adalah Coraline adalah bukan korban yang pertama dari “ibu yang lain”, telah ada anak-anak yang hilang, tak bisa kembali ke dunia nyata, meninggalkan ayah dan ibunya. Pada saat Coraline sadar akan niat jahat “ibu yang lain”, semuanya seperti sudah terlambat, bisakah dia meloloskan diri dari dunia lain ?

Coraline adalah salah satu novel favorit saya, dengan jumlah halaman yang lumayan singkat untuk ukuran novel tetapi dengan cerita yang mengalir dengan cepat, mudah diikuti, dengan tema yang cukup unik … lumayan tegang juga sih ! Apalagi setelah novel ini difilmkan oleh Studio Laika dalam bentuk stop-motion animation, film yang benar-benar 100% mengacu pada novel dengan visualisasi yang spektakuler, bahkan untuk saat ini, padahal film Coraline dirilis tahun 2009 ! … enjoy !   

Poster film Coraline

Coraline bersama ayah dan ibunya "yang asli", adegan film Coraline

Coraline mencoba membuka pintu yang menjadi jalan ke dunia lain

Comments