Keajaiban Membaca


Membaca buku adalah hobi yang paling umum dimiliki oleh banyak orang. Entah membaca buku, majalah, atau jurnal, beragam jenis bahan bacaan bisa memperkaya pengetahuan. Selain itu, membaca pun nyatanya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan. Seperti dilansir dari www.healthmeup.com, inilah segudang manfaat membaca buku untuk kesehatan tubuh yang perlu untuk  ketahui.

Melatih otak
Membaca mampu merangsang kekuatan otak yang tidak bisa  dapatkan dari menonton televisi atau mendengarkan musik. Sebab membaca mampu melahirkan imajinasi. Oleh karena itu, rajinlah membaca agar kekuatan otak  tetap fit.
Mengurangi stres
Membaca merupakan cara yang efektif untuk mengurangi tingkat stres. Penelitian menunjukkan bahwa membaca mampu mengurangi tingkat kortisol dalam tubuh, menurunkan detak jantung, serta mengurangi ketegangan otot.
Membuat cepat tidur
Karena membaca dapat membuat  merasa lebih rileks, maka  pun bisa langsung tertidur setelah membaca.
Meningkatkan memori
Ketika membaca, maka otak  pun akan mencoba untuk memahami semua alur cerita dan berusaha untuk mengingatnya. Hal ini bisa disamakan dengan senam otak yang mampu meningkatkan kemampuan  untuk mengingat.
Membuat awet muda
Penelitian kesehatan telah menunjukkan bahwa mereka yang rajin membaca atau melatih otak mereka akan mengalami penurunan kognitif yang lebih lambat dibandingkan dengan yang tidak membaca. Bahkan membaca secara teratur mampu menangkal masalah kognitif seperti demensia atau penyakit Alzheimer.
Menenangkan
Selain dapat membuat santai, membaca buku juga dapat membuat  tenang. Penelitian telah menunjukkan bahwa membaca buku-buku spiritual dapat menurunkan tekanan darah, menenangkan, meningkatkan mood, dan mengurangi depresi.
Meningkatkan konsentrasi
Kebiasaan multi-tasking yang  lakukan sehari-hari dapat mengurangi konsentrasi dan daya fokus. Sementara membaca sendiri dapat mengembalikan tingkat konsentrasi  dan membuat  lebih fokus.
Meningkatkan sensitivitas
Bacaan terkadang menyimpan beberapa pelajaran yang bisa membuat  lebih empati serta meningkatkan sudut png  dalam melihat semua masalah. Selain itu membaca sendiri mampu membuat  lebih bijak atas nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Menginspirasi
Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa sekitar 60% pembaca akan merasa terinspirasi dari bacaan yang mereka baca. Terutama ketika bacaan tersebut mengandung cerita yang menyentuh dan bisa menginspirasi  untuk berperilaku lebih baik lagi.
Menambah pengetahuan
Setiap kali membaca sesuatu,  pasti akan mendapatkan informasi kecil atau bahkan besar yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan.  pun akan langsung menyimpannya sebab  sendiri tidak akan pernah tahu kapan  akan mempergunakannya. Oleh karena itu perbanyaklah membaca untuk meningkatkan pengetahuan.
Menambah kosakata
Selain pengetahuan, bahan bacaan pasti juga akan menyimpan kosakata baru yang bermanfaat untuk. Kosakata baru ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi  dengan orang baru.
Meningkatkan kemampuan menulis
Seiring dengan meningkatkan kosakata, kemampuan tata bahasa  pun juga akan meningkat. Otak yang memiliki kemampuan luar biasa untuk belajar pun pada gilirannya juga akan meningkatkan keterampilan  untuk menulis.
Meningkatkan kemampuan menganalisis
Alur cerita dari bacaan yang  baca bisa meningkatkan kemampuan  dalam menganalisis sesuatu. Potongan-potongan plot yang belum disatukan dalam memperkuat pemikiran kritis  dan kemampuan analisis yang bisa  terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Agaknya memang tidak berlebihan jika membaca sangatlah bermanfaat untuk pemikiran  dan juga kesehatan tubuh. Sebab hal di atas merupakan beberapa contoh dari manfaat membaca terutama untuk kesehatan. Berikut adalah foto-foto kegiatan membaca dari Steve McCurry yang dilakukan orang di seluruh dunia. Marilah membuat keajaiban dengan membaca !














Comments

Post a Comment