Interaksi Manusia Komputer [7] : Paper Prototyping

Paper Prototyping


Paper prototyping adalah metode yang digunakan secara luas untuk merancang antarmuka, pengujian, dan perbaikan antar muka (interface). Pada awal 1990-an teknik paper prototyping, yang digunakan oleh beberapa pelopor kegunaan (usability) tetapi tidak diketahui oleh sebagian besar tim pengembangan produk. Namun pada pertengahan 1990-an, paper prototyping mulai digunakan oleh orang-orang di perusahaan terkenal (contohnya IBM, Digital, Honeywell, dan Microsoft) bereksperimen dengan teknik, manfaat, dan menjadi bagian integral dari proses pengembangan produk. Pada tahun 2002,  paper prototyping tidak dianggap sesuatu yang aneh, dan teknik ini menjadi praktek utama di banyak perusahaan, baik besar maupun kecil. Paper prototyping telah menjadi alat yang baik di tangan peneliti akademik atau spesialis usability. Seperti kakas yang berguna, potensi paper prototyping terbesar dapat diwujudkan dengan menempatkannya di tangan non-specialis bersama dengan petunjuk penggunaan yang tepat. Siapa saja yang terlibat dalam desain, implementasi, atau dukungan dari antarmuka pengguna bisa mendapatkan keuntungan dari paper prototyping karena mendorong pengembangan produk yang lebih berguna, intuitif, efisien, dan menyenangkan.


Paper prototyping dapat dianggap sebagai metode brainstorming, merancang, membuat, pengujian, dan berkomunikasi antarmuka pengguna. Teknik ini adalah platform independen dan dapat digunakan untuk situs web, aplikasi web, perangkat lunak, perangkat genggam, dan bahkan hardware pun yang memiliki antarmuka untuk interaksi manusia komputer. Berikut definisi paper prototyping yang digunakan dalam buku Carolyn Snyder [2003] adalah : “ paper prototyping adalah variasi dari pengujian kegunaan (usability) dimana pengguna diwakilkan melakukan tugas-tugas yang realistis dengan berinteraksi dengan versi kertas dari antarmuka (interface) yang dimanipulasi oleh orang dalam menggunakan komputer, yang tidak menjelaskan bagaimana antarmuka ini dimaksudkan untuk bekerja “.

Materi Kuliah :

Comments

  1. permisi izin bertanya pak,apa definisi bahwa paper prototyping yang sudah kita buat bisa dikatakan baik dan berguna serta layak untuk dipublikasikan?.

    #arief budi.k
    nrp:183040014

    ReplyDelete

Post a Comment