Interaksi Manusia Komputer : Dasar-dasar User-Centered Design (UCD)


Perancangan yang berpusat pada pengguna (UCD) adalah proses yang menguraikan fase seluruh desain dan pengembangan dari siklus hidup produk aplikasi dengan memfokuskan pada memperoleh pemahaman yang mendalam tentang siapa yang akan menggunakan produk tersebut. Standar internasional 13.407 adalah dasar bagi banyak metodologi UCD. Sangat penting untuk dicatat bahwa proses UCD tidak menentukan metode yang tepat untuk setiap tahap.

Proses User-Centered Design
Menurut Userfocus, ada beberapa prinsip yang mendasari UCD. Desain didasarkan pada pemahaman eksplisit pengguna, tugas, dan lingkungan; didorong dan disempurnakan oleh evaluasi berpusat pada pengguna; dan membahas pengalaman pengguna secara keseluruhan. Proses ini melibatkan pengguna di seluruh desain dan pengembangan proses dan itu berulang. Dan akhirnya, tim termasuk keterampilan dan perspektif multidisiplin.

Berikut ini adalah tahapan umum dari proses UCD :
  • Tentukan konteks penggunaan (Specify the context of use) : Identifikasi orang-orang yang akan menggunakan produk tersebut, untuk apa yang akan mereka gunakan, dan dalam kondisi apa mereka akan menggunakannya.
  • Tentukan persyaratan (specify requirements) : Identifikasi kebutuhan bisnis atau tujuan pengguna yang harus dipenuhi produk untuk menjadi sukses.
  • Menciptakan solusi desain (create design solutions) : Ini bagian dari proses dapat dilakukan secara bertahap, membangun dari konsep kasar untuk desain lengkap.
  • Evaluasi desain (evaluate designs) : Evaluasi - idealnya melalui pengujian kegunaan (usability testing) dengan pengguna yang sebenarnya - adalah sebagai terpisahkan sebagai pengujian kualitas adalah untuk pengembangan perangkat lunak yang baik.

Ada banyak variasi dari proses UCD. Hal ini dapat dimasukkan ke dalam pembangunan aplikasi dengan pendekatan water fall, agile dan pendekatan lainnya. Tergantung pada kebutuhan, proses desain yang berpusat pada pengguna terdiri dari beberapa metode dan tugas. Apa yang dibangun, persyaratan (requirements), tim, timeline, dan lingkungan di mana sedang mengembangkan semua akan membantu menentukan tugas-tugas untuk dilakukan dan urutan di mana hal tersebut dilaksanakan.

Catatan :
ISO 9241-210 : 2010 menyediakan persyaratan dan rekomendasi untuk prinsip-prinsip desain yang berpusat pada manusia dan kegiatan sepanjang siklus hidup sistem interaktif berbasis komputer. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan oleh proses-proses desain yang mengelola, dan berkaitan dengan cara-cara di mana kedua komponen hardware dan software sistem interaktif dapat meningkatkan interaksi manusia-komputer.

Sumber :

Comments