Manfaat & Masakan Ikan Salmon

Family Ikan Salmon
Ikan Salmon adalah sejenis ikan dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan Trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Secara umum, salmon adalah spesies Anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Ikan salmon adalah salah satu makanan lezat yang memiliki banyak khasiat yang penting bagi kesehatan. Berikut adalah khasiat ikan Salmon :
Asam Amino
Penelitian terbaru menyebutkan salmon kaya akan asam amino. Fungsi dari nutrisi tersebut adalah menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.
Mencegah Penyakit
Beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan makan ikan salmon adalah penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes. Ikan salmon juga ampuh mencegah penggumpalan darah dalam tubuh.
Mendukung Fungsi Otak
Asam lemak Omega-3 pada salmon adalah salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Selain itu, konsumsi ikan salmon dikaitkan dengan penurunan stres dan depresi.
Membentuk Otot
Protein tinggi pada salmon tidak bisa dicerna dengan mudah seperti karbohidrat. Namun fungsi dari protein tersebut adalah membentuk otot yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal.
Enzim, Jaringan, dan Hormon
Beberapa nutrisi penting dalam salmon adalah zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.
Mata Sehat
Asam lemak Omega-3 dan Asam Amino bekerja sama dalam mencegah penuaan mata. Sehingga rajin makan salmon mampu membuat mata tetap sehat dan pandangan semakin tajam.

Ikan Salmon biasanya dijual di supermarket dalam keadaan beku atau segar, harganya cukup mahal … apa sih yang tidak mahal di republik ini ?, tapi demi kesehatan tak ada salahnya mengkonsumsi ikan ini, syukur-syukur bisa mengkonsumsi secara kontinu. Tidak ada salahnya juga menikmati ikan Salmon di restoran makanan Eropa yang banyak tersedia di Bandung. Saya sarankan menikmati ikan Salmon dengan pasta, sangat lezat dan harga tidak terlalu mahal dan masih terjangkau, kurang lebih sekitar 50rb per porsi .. kalau mau yang amat sangat lezat, terutama untuk kesempatan istimewa bisa menikmati steak salmon, dengan harga bandrol sekitar 80rb – 150rb (tergantung besar dan berat potongan ikannya). Sebagai contoh, ikan Salmon yang disajikan dengan pasta dan saus krim (saus putih) dengan pendamping garlic bread kering yang disajikan di resto Beehive, Jalan Dayang Sumbi, Dago Bandung sangat, sangat … sangat saya rekomendasikan. Jangan lupa makan lezat anda ditutup dengan minum kopi, double espresso di resto ini .. cap jempol ! … enjoy !   

Ikan Salmon dengan Pasta Saus Putih

Double Espresso .. bonus kue kering !

Comments