Korean Food : Kimchi, Bibimbap & Rolling Cheese


Kali ini saya akan membahas hasil wisata kuliner terbaru, yang kebetulan sedang ngetop : jika orang lain bicara K-Pop, K-Drama, K-Movie … pokoknya yang berbau Korea, saya sih hanya tertarik dengan K-Food alias masakan Korea. Sebetulnya membahas masakan Korea untuk saya adalah nostalgia masa kecil, ketika pertama kali icip-icip masakan Korea (diajak kakek alm. .. tentu saja) di Korean House, salah satu restoran Korea pertama di Jakarta tahun 1980an. Hal yang paling saya ingat ada dua : sebelum makan pasti disuguhkan appetizer (makanan pembuka) kimchi, yang kedua adalah barbeque ayamnya (ayam bumbu bakar) enaaaaak banget !

Rasanya tidak bisa menyebut makanan Korea tanpa menyebut Kimchi, yang merupakan bahan pokok masakan Korea, masakan tradisional yang terbuat dari sayuran asin hasil fermentasi, yang paling sering menjadi bahan kimchi adalah napa kubis dan lobak, dengan berbagai bumbu termasuk bubuk cabai, daun bawang, bawang putih, jahe, dan jeotgal (makanan laut asin). Kimchi adalah cara orang Korea untuk tetap dapat makan sayuran (yang telah diawetkan) di musim dingin. Kimchi umum disajikan di restoran Korea sebagai makanan pembuka atau bisa dipesan terpisah, dalam beberapa tempat makan bahkan kimchi dipadukan dengan masakan Barat, contohnya spaghetti dengan kimchi.

Yang kedua, salah satu favorit saya, enak dan sehat .. bibimbap, yang berarti "nasi campur" (… jadi inget nasi langgi deh). Bibimbap disajikan sebagai semangkuk nasi putih hangat yang diatapi namul (sayuran tumis dan sayuran musiman) dan gochujang (pasta cabe rawit), kecap, atau doenjang (pasta kedelai fermentasi). Telur mentah atau telur goreng dan daging irisan (biasanya daging sapi) adalah tambahan yang umum. Hidangan panas diaduk bersamaan sebelum makan, biasanya juga disediakan sambal (mirip sambal terasi). Hidangan bibimbap yang umum disajikan adalah dolsot bibimbap alias bibimbap disajikan dalam wadah panas alias hot stone .. pelan-pelan ya makannya, panas banget ! Bibimbap biasa juga ditemani kuah bening kelp (mirip miso soup di masakan Jepang tapi tanpa tahu).

Yang terakhir, ini mungkin masakan Korea yang sudah dicampur dengan bahan makanan Barat, daging bumbu barbeque ala Korea (biasanya iga sapi atau sayap ayam) yang dipanaskan dadakan beserta kentang berbumbu … lalu dibalut keju mozarella leleh … ngebayanginnya aja langsung ngiler deh ! Ok deh, selamat mencoba masakan Korea, nggak usah jauh-jauh ke Jakarta, di Bandung juga banyak … ingat ! pastikan restorannya halal, pastikan harga sesuai dompet anda .. enjoy ! 

Suasana Ojju, restoran Korea di Skybridge, Grand Indonesia Jakarta ... rame banget deh !

Appetizer Korea ala Ojju .. jagung krim, acar timun, pasta dan kimchi

Menu utama Ojju .. rolling cheese dengan BBQ sayap ayam dan kentang

Beres makan, icip-icip desert dingin .. namanya bingsoo, es serut dengan buah

Nah yang ini appetizer ala Wonjo, restoran Korea di Jln Setiabudi Bandung .. ada tempe !

Dolsot bibimbap ... ati-ati hot platenya, panaaass ... uih enaknya !

Dessert ala Wonjo .. sepotong watermelon, biar perut nggak panas ..

Comments