Udon, Tempura & Curry : Marugame & Coco Ichibanya


Masakan Jepang telah cukup dikenal di negara kita, mungkin karena sesama bangsa Asia, selera orang Indonesia dapat dengan mudah menerima rasa rata-rata masakan ini. Jenis masakan Jepang seperti teriyaki, sushi, sashimi dan lain-lain cukup banyak restoran yang menjual dengan berbagai variasi serta harga. Kali ini saya akan membahas tiga masakan Jepang yang juga cukup populer belakangan ini, udon, tempura serta kari (kari khas Jepang lho bukan kari India).

Udon adalah sejenis mie tepung yang terbuat dari terigu. Udon sering disajikan panas seperti sup mie dalam bentuknya yang paling sederhana, seperti kake udon, dengan kaldu ringan yang disebut kakejiru, yang terbuat dari dashi, kecap, dan mirin, biasanya ditutup dengan daun bawang cincang tipis. Pelengkap umum untuk udon termasuk tempura, seperti udang atau daunage (sejenis tempura campuran sayuran)  atau aburaage, sejenis tahu goreng yang dibumbui dengan gula, mirin, dan kecap.

Tempura, atau teknik mencelupkan ikan dan sayuran ke dalam adonan dan menggorengnya, berasal dari kata "tempora", sebuah kata dalam bahasa Latin yang berarti "masa", "periode waktu" yang digunakan oleh misionaris Spanyol dan Portugis untuk merujuk ke masa Lenten atau Hari Ember (ad tempora quadragesimae), hari Jumat, dan hari-hari suci Kristen lainnya. Istilah "tempura" diperkirakan mulai populer di Jepang Selatan, digunakan untuk merujuk pada makanan yang disiapkan dengan menggunakan minyak panas, termasuk beberapa makanan Jepang yang sudah ada. 

Curry (karē) adalah salah satu masakan paling populer di Jepang. Biasanya disajikan dalam tiga bentuk utama: nasi kari (karē raisu), kari udon (kari di atas mie), dan roti kari (pastry berisi kari). Berbagai macam sayuran dan daging digunakan untuk membuat kari Jepang. Sayuran dasar adalah bawang, wortel, dan kentang. Untuk daging, daging sapi, babi, dan ayam adalah yang paling populer. Curry diperkenalkan ke Jepang selama era Meiji (1868-1912) oleh Inggris, pada saat India berada di bawah pemerintahan kolonial Raja Inggris.

Curry House Coco Ichibanya, West Mall Grand Indonesia, Jakarta

Pesan nasi kari dengan dadar telor dan daging sapi giling ... enaaak banget ! 

Tuh kan, nasi pulen & hangatnya ngumpet dibawah telor dadar setengah matang .. paten !

Cari Udon & Tempura ? inji yang saya kunjungi, Marugame Udon di Jalan Riau Bandung

Kalau jam makan, begini deh ngantrinya .. 

Koki sedang memasak Udon dadakan yang baru dibuat .. fresh udon everytime !

Sang favorit, udon kari sapi ditemani kakiage tempura .. tempura bawang bombay + ubi

Tentu saja makan yang berlemak harus ditutup dengan kopi .. long black coffee yang smoky robusta

Comments

Post a Comment