Wiskul Jakarta : Bakoel Koffie

Minggu lalu, saya berkesempatan berkunjung ke Jakarta. Tidak ada tempat lain seasik Jakarta saat hari Lebaran, sepi dan bebas macet … polusi udara jauuuuuh berkurang. Menginap di daerah Cikini, Menteng, Jakarta Pusat jadi niat wisata kuliner di sekitar daerah itu juga. Tadinya ingin icip-icip soto betawi beken di Rumah Makan H. Ma’aruf yang terletak dalam kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), jalan Cikini Raya … sayang karena libur lebaran jadi masih tutup. Cukup jalan kaki saja perjalanan dilanjutkan ke Bakoel Koffie yang letaknya tak jauh dari TIM .. Alhamdullilah sudah buka.

Bakoel Koffie ? ini adalah salah satu kedai kopi tertua di Indonesia, mulai bisnis sejak tahun 1878 ! .. gile deh, Indonesia belum merdeka, Liauw Tek Siong (pendiri Bakoel Koffie) sudah mulai beli kopi dari ibu-ibu penjual kopi (yang tempatnya pake bakul .. makanya diberi nama Bakoel Koffie), di roast, ditumbuk dan disajikan di warung nasinya. Katanya sih sekarang Bakoel Koffie dikelola oleh generasi keempat dari keturunan Bpk. Siong, keren ya .. bisnis turun temurun ! Masuk ke kedai kopi ini serasa masuk mesin waktu ke masa 1940an, suasananya jadul banget .. tempat nyaman (apalagi yang no smoking area di lantai 2) untuk ngumpul, ngobrol, kerja … atau main congklak !

Kopinya ? saya sempat icip-icip Machiato Double dan Americano .. waah paten ! kopi blend Sumatra dan Jawa, Arabica banget deh .. wangi kopi Jawa dipadukan dengan bittersweet kopi Sumatra, rada-rada ‘herbal nutty’ gitu lho .. nikmat sekali. Disarankan minum kopi dengan campuran susu atau foam milk, tapi karena penasaran rasa kopinya saya pilih yang no sugar, no milk saja. Makan ? eh ternyata soto betawi di tempat ini nggak kalah enaknya dengan tempat lain .. kuahnya itu lho, guriiiih banget .. enjoy ! 

Tampak depan Bakoel Koffie Jln. Cikini Raya Jakarta Pusat

Tempat asik untuk ngumpul bareng teman dan keluarga .. tempatnya antik banget !

Machiato Double .. nikmat !

Americano nya jempol !

Akhirnya dapat juga Soto Betawi enak .. di Betawi !

Salah satu sudut lantai dua Bakoel Koffie

Lantai 1 Bakoel Koffie .. jadul banget

Salah satu lukisan yang dipajang di lantai 2 .. lukisan orang lagi ngopi juga

Jalan kaki lewat TIM .. asik deh, banyak yang jualan & nangkring

TIM jadi arena piknik dadakan .. turis bule pun antri beli sate Padang !

Comments

  1. suasana jadulnya itu loh yang keren
    sayang sate padangnya aneh :(

    ReplyDelete

Post a Comment