Ziarah : Sumedang Utara

Sumedang Utara

Ziarah kubur adalah amalan yang sangat bermanfaat baik bagi yang berziarah maupun yang diziarahi. Bagi orang yang berziarah, maka ziarah kubur dapat mengingatkan kepada kematian, melembutkan hati, membuat air mata menetes, mengambil pelajaran, dan membuat zuhud terhadap dunia. Rasulullah SAW bersabda : “Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, sekarang berziarahlah karena ziarah dapat melembutkan hati, membuat air mata menetes, dan mengingatkan akhirat. Dan janganlah kalian mengucapkan al hujr [ucapan yang bathil]” [HR. Al Hakim (1/376), dinilai Hasan oleh Syaikh Al Albani dalam Ahkaamul Janaa-iz hal. 229]

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan hikmah dibalik ziarah kubur. Ketika seseorang melihat kubur tepat di depan matanya, di tengah suasana yang sepi, ia akan merenung dan menyadari bahwa suatu saat ia akan bernasib sama dengan penghuni kubur yang ada di hadapannya. Terbujur kaku tak berdaya. Ia menyadari bahwa ia tidaklah hidup selamanya. Ia menyadari batas waktu untuk mempersiapkan bekal menuju perjalanan yang sangat panjang yang tiada akhirnya adalah hanya sampai ajalnya tiba saja. Maka ia akan mengetahui hakikat kehidupan di dunia ini dengan sesungguhnya dan ia akan ingat akhirat, bagaimana nasibnya nanti di sana? Apakah surga? Atau malah neraka? Nas-alullahas salaamah wal ‘aafiyah (sumber : muslim.or.id).


Lebaran ini kami sekeluarga berziarah ke makam leluhur di Sumedang Utara. Ada beberapa tempat yang dikunjungi antara daerah Bojong Jati sampai ke Sampurendeng sampai dengan daerah Jati Hurip. Belasan tahun tidak berkunjung, banyak sekali perubahan, yang jelas rumah penduduk semakin banyak khususnya antara Bojong Jati – Sampurendeng (daerah ini dulu penuh pohon sekarang malah penuh rumah). Di daerah Jati Hurip malah banyak rumah yang dirobohkan karena akan menjadi jalan tol, waah banyak sekali perbedaan di daerah ini dengan jaman dulu. Acara ziarah tentu saja dilengkapi dengan silaturahmi dengan keluarga, jalan-jalan dan beli tahu Sumedang! Untungnya masih cukup banyak daerah hijau dan pesawahan, lumayanlah buat cuci mata dan menghirup udara segar sambil ziarah sekalian jalan-jalan … enjoy !

Pesawahan di Sampurendeng

Panas-panas .. kerja jalan terus !

... fresh air !

... green

... green everywhere !

... berteduh dibawah pohon jeruk Bali

Nonton Barbershop khusus domba ... 

Yang baru beres cukuran, berpose dulu .. :-)

Kurang afdol kalau ke Sumedang tidak beli tahu .. ini jual tahu di RM Palasari

Comments