New Year’s Steak

Yogya Riau Junction, 31 Desember 2017 ... rameee banget !

Ini bukan tulisan dalam rangka merayakan tahun baru, ini mengenai masak steak yang kebetulan dilaksanakan beberapa jam sebelum tahun baru .. gitu lho. Menjelang tahun baru, grup Whats App yang saya ikuti (baik dengan senang hati atau yang mendadak diajak orang) penuh dengan himbauan untuk tidak merayakan tahun baru. Himbauan untuk tidak merayakan tahun baru dengan berlebihan atau bahkan tidak sama sekali merayakannya, lebih baik tafakur di mesjid atau shalat malam saja .. beberapa komentar malah bikin suasana rada ‘panas’ di grup WA .. untung tidak berkelanjutan (left grup misalnya .. atau grup bubar). Masak steak jadi pilihan, salah satunya menjelang tahun baru pasti banyak diskon kalau beli daging, baik daging segar maupun daging awetan. Jadi akhir tahun 2017 ini, kami beli daging steak (lumayan diskonnya!) jenis sirloin dan terderloin, berbumbu BBQ yang dijual di Supermarket Yogya Riau Junction. Belanja pagi … edun deh penuhnya supermarket dengan orang yang belanja keperluan tahun baru ! selain daging steak, beli juga kebab ikan salmon, kentang awetan hash brown, sayuran campur beku dan salada segar. Nah gitu deh belanjaannya .. tinggal masaknya, dijamin cepat, gampang dan enaaaaaakkkk !!! … enjoy !

Langkah pertama, masak sayuran beku, tambah dengan satu bawang bombay .. bumbunya cukup merica, garam dan mayonaise .. minyak gorengnya jangan banyak-banyak !

Ini penampakan daging steaknya, kanan sirloin dan kirinya adalah tenderloin, tambah bumbu BBQ nya dan sedikit garam + merica ... sederhana aja !

Konsumen sudah mulai kelaparan, sementara masak baru mulai ... wah tekanan mental buat koki !

Goreng kentang hash brown sampai kecoklatan, jangan lupa masukan kebab ikan salmon ke oven .. masak kurang lebih 30-45 menit suhu 140 derajat C.

Praktis aja, nggak perlu bakar-bakaran .. steak cukup dimasak menggunakan frying pan, jangan lupa tambahkan sedikit minyak zaitun .. kalo nggak ada, minyak goreng biasa juga Ok 

Disajikan pakai piring datar, susun selada jadi tempat sayur .. tampilan cantik, dan yang penting enaaaak gila !



Comments