Japanese Culinary : Sushi, Udon & Donburi

Salah satu makanan kesukaan saya adalah masakan Jepang, yang simple, fresh dengan bumbu sederhana yang tidak menutupi rasa asli bahan masakan utama. Ada tiga macam yang dibahas kali ini, meskipun saya pernah mengulas mengenai udon alias mie Jepang, lebih mirip pasta tetapi lebih tebal biasanya direndam dalam saus kari atau saus kedelai (soy souce). Rasanya juga orang-orang sudah tahu mengenai sushi, makanan Jepang yang cukup populer. Sushi adalah hidangan Jepang dari nasi yang disiapkan secara khusus (sushi-meshi), biasanya dengan campuran gula dan garam, dikombinasikan dengan berbagai bahan seperti makanan laut (biasanya mentah), sayuran, dan terkadang buah-buahan tropis. Sushi bisa disiapkan dengan nasi merah, tapi secara tradisional itu dibuat dengan nasi putih medium grain. Sushi sering disiapkan dengan makanan laut mentah, namun beberapa jenis sushi menggunakan bahan-bahan yang dimasak, dan banyak lainnya adalah vegetarian. Sushi sering disajikan dengan acar jahe (gari), wasabi (pasta lobak, rada-rada pedas), dan kecap asin (tamari). Lobak daikon sangat populer sebagai hiasan.

Donburi (berarti "mangkuk", disingkat "don") adalah hidangan nasi nasi Jepang yang terdiri dari ikan, daging, sayuran, atau bahan lainnya yang direbus bersama dan disajikan di atas nasi. Makanan Donburi disajikan dalam mangkuk nasi besar yang juga disebut donburi. Saus mendidih bervariasi sesuai dengan musim, bahan, daerah, dan rasa. Saus khas mungkin terdiri dari dashi yang diberi rasa kecap dan mirin. Proporsi bervariasi, tapi biasanya ada tiga sampai empat kali lebih banyak dashi seperti kecap dan mirin. Enjoy !

Suasana di Restoran Jepang Genki Sushi, Central Park, Tanjung Duren Jakarta. Restoran yang unik, dimana pemesanan makanan menggunakan aplikasi Tab dan pesanan diantar menggunakan kereta mini yang bolak balik antara meja dan dapur.

Beef Udan ala Genki Sushi, dengan kuah mirin ... ringan, gurih dan sedaap !

Salmon Sushi ala Genki Sushi, pake garam sedikit saja sudah nikmat.

Berpose dulu di depan Restoran Jepang Nama Sushi di Kota Kasablanka, Tebet Jakarta.

Salmon Donburi ala Nama Sushi, salmonnya juicy dengan bumbu mirin dengan kulit salmon yang renyah plus nasi paten .. enak banget deh !

Naah kalau yang ini Salmon goreng  ala Nama Sushi, pake acar lobak ditambah sedikit air lemon .. jempol deh !

Rada berbeda nih, Salmon Curry dari 90 Gourmet Jln. Riau Bandung, kuah kari kental + kaya rasa ditambah salmon .. top markotop banget ! 

Chicken Donburi alias Kiji Donburi dari 90 Gourmet, nasi panas, bawang daun bakar, telor rebus dan ayam teriyaki bakar .. jangan lupa bonus miso soup ! pokoknya speechless lah !

Kurang afdol jika sudah beres wisata kuliner tidak ditutup dengan minum kopi .. ini Americano Coffee ala 90 Gourmet, kopi dari Illys yang Arabica banget !

Comments