Jalan-jalan Pangkalpinang, Bangka


  
Awal bulan Maret 2018 ini, setelah mengikuti KNSI 2018 di Pangkalpinang, Bangka, saya berkesempatan jalan-jalan melihat tujuan wisata di pulau ini. Sejak pesawat hendak mendarat di bandara Depati Amir Pangkalpinang sudah terlihat bekas-bekas galian tambang, baik yang masih seperti galian ataupun yang sudah jadi kolam. Tidak aneh, karena katanya ‘Bangka’ bisa diartikan ‘wangka’ alias timah, pulau yang kaya dengan mineral timah .. sama kayanya dengan pulau Belitung. Bersama rombongan TIF Unpas, kami berangkat pagi-pagi hari Sabtu 10 maret 2018, cuaca kurang bersahabat .. mendung, diselingi gerimis .. tujuan pertama adalah pantai Matras.

Pantai Matras berada di kecamatan Sungailiat, kurang lebih 40 km dari Pangkalpinang. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam lebih, asik tidak macet seperti di Jakarta atau Bandung. Lokasi pantai ini di beberapa tempat dilindungi oleh benteng batu pencegah abrasi, memiliki pantai pasir putih yang bersih, tenang dan batu-batu raksasa yang mirip dengan tempat shooting film Laskar Pelangi. Setelah puas jalan-jalan dan potret memotret, perjalanan dilanjutkan ke pantai Tongaci yang masih terletak di Sungailiat. Cuma 15 menit bermobil sudah sampai ditujuan, pantai Tongaci masih mirip dengan pantai Matras, bedanya adalah disini ada tempat pembibitan penyu dan De Lokomotief. Tempat pembibitan penyu atau ‘Tukik Babel’ (www.tukikbabel.com) adalah tempat konservasi penyu jenis Green Turtle dan Hawksbill Turtle, 2 dari 7 spesies penyu yang menjadi satwa langka dan dilindungi. De Lokomotief, yang  cuma berjarak beberapa meter dari Tukik Babel adalah tempat nangkring yang nyaman dengan rumah makan, coffee shop, perpustakaan, toko cindera mata .. pas lah buat nangkring, bersantai dan foto-foto.

Malam harinya balik lagi ke Pangkalpinang, sempat berfoto di Kelenteng Fuk Tet Che, lokasi tepat dipinggir jalan lampu merah Semabung, Pangkalpinang. Ini kelenteng yang tua dan baru, tua karena sudah berumur lebih dari 200 tahun dan baru, karena baru direnovasi total setelah terbakar tahun 2015. Sudah bisa ditebak, kelenteng ini berada di daerah Pecinan lama Pangkalpinang alias Chinatown nya. Begitulah kisah jalan-jalan di Pangkalpinang, sangat mengesankan .. untung tidak hujan terus-terusan … enjoy !   

Bekas galian tambang timah terlihat dari pesawat yang akan mendarat

Suasana kota Pangkalpinang, ini dekat alun-alun pusat kota

Berpose di Pantai Matras

Benteng batu anti abrasi di Pantai Matras

Sepi, bersih, indah .. pantai Matras cocok untuk jalan-jalan menikmati alam

Tuh kan mirip tempat shooting Laskar Pelangi

Batu-batu pantainya segede rumah .. cocok untuk foto, selfie dan main petak umpet ! 

Nonton penangkaran penyu di Tukik Babel

Penyu-penyu muda sedang latihan berenang ... :-)

Ada juga karamba penyu di tepi pantai Tongaci

Pantai Tongaci, difoto dari De Lokomotief

Kelenteng Fuk Tet Che Pangkalpinang

Patung dan ukiran tiangnya keren banget !

Comments