Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 Pangkalpinang



Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) adalah sebuah konferensi ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh Kelompok Keahlian Informatika STEI Insitut Teknologi Bandung yang mempertemukan para akademisi, peneliti, instansi pemerintah maupun swasta, dan pemerhati sistem informasi untuk bertukar informasi dan berdiskusi untuk memajukan penelitian di bidang sistem informasi di Indonesia. KNSI dilaksanakan di kota-kota yang berbeda setiap tahunnya, bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di kota tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk sekaligus memperkenalkan kota-kota beserta alam/budaya daerah yang ada di seluruh wilayah Republik Indonesia. KNSI diselenggarakan selama 3 hari yang terdiri dari 2 hari pelaksanaan seminar dan 1 hari kunjungan wisata budaya/alam daerah. Tahun 2018, giliran kota Pangkalpinang yang terpilih untuk pelaksanaan KNSI 2018, yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 Maret.

Rombongan Unpas yang terdiri dari 7 dosen dan 11 mahasiswa berangkat dari Jakarta, pagi jam 6.15 tanggal 8 Maret 2018. Meskipun penerbangan Jakarta – Pangkalpinang cukup singkat, hanya 1 jam tapi perjalanan ke STMIK Atma Luhur tempat diselenggarakannya KNSI 2018 cukup jauh. Rombongan tidak bisa penuh mengikuti acara pembukaan kegiatan, langsung melakukan registrasi ke panitia konperensi, makan siang dan siap-siap mengikuti sesi paralel pemakalah yang dimulai hari Kamis 08/03/18 mulai jam 13.00 sampai dengan 17.00 (dengan diselingi coffee break tentunya). Sesi paralel pemakalah dilanjutkan hari Jum’at mulai jam 07.30 sampai dengan jam 11.00 yang dilanjutkan dengan upacara penutupan. Hari Kamis dan Jumat terdapat 8 sesi paralel di 8 kelas berbeda dengan peserta atau pembicara antara 14 sampai 15 orang. Dipandu oleh moderator dari steering committee KNSI. Setiap pembicara diberi waktu 10 menit untuk presentasi dan 5 menit untuk tanya jawab.

Kebetulan saya mendapat sesi paralel ruang 6 bersama Farhan Hamdallah, mahasiswa Unpas dengan moderator bpk. Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom.. Presentasi berlangsung cukup seru, baik mengenai materi ataupun sesi diskusi dan tanya jawab. Materi yang disajikan dalam sesi ini meliputi media sosial, smart province, analisis pemanfaatan teknologi informasi, metode EUCS, strategi komunikasi, estimasi model, user centered design, self-adaptive system, virtual machine dan work system method. Besoknya, hari Jum’at masih ada beberapa anggota rombongan Unpas yang menyelesaikan sesi paralel penyaji makalah sampai dengan jam 11 upacara penutupan. Selain presentasi, kegiatan juga diisi dengan acara non-formal seperti diskusi dengan para guru besar, foto bareng, kenalan dengan pemakalah dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia .. ketemu teman lama sesama alumni ITB ! … seru dan menyenangkan .. sampai jumpa di KNSI selanjutnya .. enjoy !  

STMIK Atma Luhur Pangkalpinang tempat penyelenggaraan KNSI 2018

Makan siang dulu sebelum masuk ke sesi paralel .. tegang tapi tetap percaya diri !

Suasana presentasi pemakalah di Ruang 6

Giliran jadi presenter

Berpose bersama penyaji makalah lain setelah sesi paralel hari Kamis berakhir

Photo Booth .. gaya bebas !

Sesi paralel hari Jum'at .. dapat giliran terakhir

Berpose bersama moderator Bpk. Dr. Ir. Husni S.S., MT

Upacara penutupan KNSI 2018

Peserta KNSI 2018 yang hadir di upacara penutupan

Steering Committee KNSI 2018 berfoto bersama panitia

Beres upacara penutupan KNSI 2018 .. jumatan di Mesjid Al Ittifaq Pangkalpinang

Comments