Wisata Kuliner Pangkalpinang, Bangka


Rasanya kurang afdol kalau jalan-jalan, tidak wisata kuliner. Demikian pula halnya setelah saya bersama rombongan Unpas selesai mengikuti KNSI 2018 Pangkalpinang, dengan waktu yang cukup mepet jalan-jalan mencari makanan enak di kota ini. Mendarat di Bandara Depati Amir, sebuah warung kopi yang ada di bandara menarik perhatian saya. Warung Kopi Tung Tau namanya, berdiri sejak tahun 1938 yang namanya diambil nama pendirinya yaitu Fung Tung Tau, yang katanya racikan kopi robusta dan arabicanya paling top di Bangka Belitung. Saya mencoba kopi susu panasnya, kopi Bangka biasanya disajikan dengan kue egg-roll, nikmat sekali .. rasa kopi yang kuat, tidak terlalu manis, ditemani dengan roti bakar keju .. cap jempol deh !

Beres hari pertama KNSI 2018, kami berkunjung ke restoran yang cukup beken di Pangkalpinang. Restoran Anggrek yang berdiri sejak tahun 1982 ini terletak di jalan Mayor Syafri Rahman Pangkalpinang, lokasi strategis di tengah kota. Menu yang kami cari adalah Es Anggrek yaitu es puter dengan campuran cao, tape dan kacang merah .. cuaca panas, menikmati es Anggrek .. nikmaat ! sambil mendengarkan bunyi-bunyi burung walet karena gedung-gedung sekitar restoran ini banyak digunakan sebagai sarang burung walet. Malam hari cari makanan ? kita berkunjung ke martabak Bangka yang asli yaitu Martabak Acau 89 di jalan Soekarno-Hatta .. martabak manisnya sih biasa, tapi martabak asinnya .. terutama yang martabak asin ayam jamur atau martabak asin tuna .. benar-benar cap jempol !

Sebelum pulang ke Bandung masih ada beberapa tempat yang kami kunjungi, yang paling beken adalah rumah makan seafood Asui dan otak-otak Ase. Rumah makan seafood Asui terletak di jalan Kampung Bintang Dalam Pangkalpinang, disebut sebagai rumah makan seafood terbaik di Bangka terutama untuk penggemar seafood purist (seafood tidak dimasak dengan bumbu berlebih untuk mempertahankan rasa aslinya). Rumah makannya tidak terletak dipinggir jalan, harus masuk gang, sederhana tapi makanannya paten banget .. icip-icip kepiting saus tiram, sup ikan tenggiri dengan nanas dan ikan bakar. Penyajian makanan cukup cepat, ikannya segar, masakannya enak ! Nah, yang terakhir adalah beli oleh-oleh khas Bangka, bisa di beli di toko Kartini jalan Jend. Sudirman, beli terasi, beli lada, beli kerupuk kemplang dan lain-lain. Jika mencari makanan, khususnya otak-otak, beli di otak-otak Ase jalan Bintang .. otak-otak mini dengan rasa ikan tenggiri yang mantap ! .. penelitian, jalan-jalan dan wisata kuliner dalam satu paket .. enjoy !

Warung Tung Tau di Bandara Depati Amir

Kopi susu Tung Tau .. paten !

Pertokoan di sekitar Rumah Makan Anggrek Pangkalpinang 

... berpose sambil nungguin Es Anggrek

Es Anggrek alias Es Kacang Merah

Makan bersama di RM Asui .. dosen, mahasiswa dan alumni TIF Unpas tumplek disini

Kepiting saus tiram .. nyam nyam

Ikan Bakar !

Beli minuman tebu asli di depan hotel, alun-alun Pangkalpinang

Bergaya di De Lokomotief, pantai Tongaci

Minum Kopi O di pantai Tongaci ... asik deh !

ini namanya jus jeruk kunci .. jeruk khas Bangka

Toko Kartini, toko oleh-oleh khas Bangka .. full kerupuk !

Martabak Bangka asli, martabak Acau 69

Martabak asin tuna ... enaknya

Penggemar duren ? no problem .. sayang harganya mulai mahal karena sudah lewat musimnya

Otak otak ase, jualan pempek khas Bangka juga lho

... crew otak otak Ase sibuk melayani pembeli

... bersiap-siap kembali ke Bandung, nunggu boarding di Bandara Depati Amir

Otw Bandung .. selamat tinggal Bangka !

Comments