TIF Unpas : MonsoonSIM ERM Competition 2018



MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition adalah kompetisi antar universitas tahunan yang diselenggarakan oleh MonsoonSIM dan mitranya. Kompetisi adalah acara kompetisi yang melibatkan mahasiswa dan dosen dengan tujuan untuk memaparkan siswa pada konsep pengelolaan sumber daya perusahaan melalui permainan simulasi yang menyenangkan dan menarik. Siswa yang datang bersama dalam tim 4 atau 5 orang akan ditugaskan untuk menjalankan perusahaan virtual untuk bersaing dengan yang lain. Pemain akan menjalankan perusahaan virtual besar dan bersaing dengan tim lain untuk mencapai beberapa target bisnis.

Dalam kegiatan ini TIF Unpas mengikuti kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 7 sampai 9 Agustus, dimana setiap tim akan bersaing untuk mendapatkan tiket ke final regional grand final di Singapura yang diselenggarakan oleh Singapore University of Social Sciences, Singapura. TIF Unpas mengirimkan 2 (dua) tim untuk kegiatan ini yaitu Kopi Pahit Team dengan anggota Raya Savitri, Rizky Ari Ridwansyah, Nugroho Adityo, M. Iqbal Miftahuddin dan Yudi Awal Nugraha dengan pembimbing Bpk. Sandhika GA serta RTO Team dengan anggota Hazar Hamzah, Ade Pranaya, Marwan Ali Sanusi, Vina Fahira dan Helmi Ilham Fauzi dengan pembimbing Bpk. Erik. Kedua tim dipimpin oleh Bpk. Sali A. Majapahit yang juga mengajar kelas Sistem Informasi Enterprise (dimana simulasi ERM menjadi salah satu materi praktikum mahasiswa).

Kompetisi berlangsung seru, tegang dan melelahkan. Hari pertama kompetisi banyak tim sudah berguguran karena tidak mendapatkan keuntungan yang signifikan atau malah bangkrut sama sekali (… dijamin stress tuh !). Hasil dari hari pertama adalah terpilihnya 12 tim untuk melanjutkan kompetisi di hari kedua, Kopi Pahit Team dari TIF Unpas menjadi salah satunya. Hari kedua kompetisi menjadi penentuan pemenang untuk merebut tiket ke Singapura, setelah berjuang habis-habisan akhirnya Kopi Pahit Team mendapat urutan ke 7 (tujuh) dari 12 peserta final regional Indonesia. Prestasi yang cukup membanggakan setelah tahun lalu berada di posisi 11. Tim dari TIF Unpas jauh lebih beruntung dibandingkan dengan juara tahun lalu, yang sudah kalah di babak penyisihan lho ! Selamat untuk team ERM TIF Unpas … TIF Unpas keren dan sukses selalu !

Terima kasih pak Erik untuk foto-fotonya !

Tempat kegiatan Monsoon ERP, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Tim TIF Unpas sedang bersiap-siap mengikuti kompetisi

.... serius sekali ya, sepertinya lagi warming up !

... tim TIF Unpas sedang berpose nih

Comments