Interaksi Manusia Komputer : Nilai Akhir Semester Genap 2018-2019



Nilai akhir untuk kuliah Interaksi Manusia Komputer semester ini, yaitu kelas A, C dan D yang saya ampu telah berakhir pada saat selesai UAS bulan puasa yang lalu. Hasil penilaian cukup beragam dan ternyata mahasiswa yang mendapat nilai E masih dominan di beberapa kelas, hal yang sangat, sangat saya sesali. Berikut nilai ketiga kelas secara umum :

Kelas A dengan jumlah mahasiswa 31 orang
Nilai A :  32,26%
Nilai B : 35,48%
Nilai C : 19,35%
Nilai D : 0%
Nilai E : 12,90%
Dengan nilai A dan B lebih dari 67% secara umum kelas ini punya kemampuan yang merata, mampu menangkap materi kuliah dengan baik dan melaksanakan tugas besar dengan baik pula.

Kelas C dengan jumlah mahasiswa 29 orang
Nilai A :  31,03%
Nilai B : 31,03%
Nilai C : 3,45%
Nilai D : 3,45%
Nilai E : 31,03%
Mirip dengan kelas A, nilai A dan B kelas ini lebih dari 60%, saya anggap kelas ini selevel dengan kelas sebelumnya hanya sayang sekali persentasi yang tidak lulus juga cukup tinggi. Hal yang cukup menyedihkan.

Kelas D dengan jumlah mahasiswa 40 orang
Nilai A :  27,50%
Nilai B : 20%
Nilai C : 12,5%
Nilai D : 17,5%
Nilai E : 22,5%
Kelas terbanyak tetapi dengan persentase nilai A dan B yang paling kecil. Nilai E memang lebih kecil persentasenya dibanding kelas B tapi tetap saja cukup banyak, didominasi oleh mahasiswa pejuang angkatan 12,14,15 dan 16. Mahasiswa angkatan 12 malah tidak pernah masuk, lenyap entah kemana !

Masalah dalam ketidaklulusan kuliah
Masalah yang terkait dengan mahasiswa yang mendapat nilai D dan E terutama adalah lupa, tidak hadir atau tidak peduli dengan apa yang saya sampaikan di pertemuan pertama mengenai cara untuk lulus kuliah IMK. Ada 3 hal yang saya sampaikan dan sepertinya terbukti dengan pencapaian nilai dari mahasiswa :

Pertama, ABSENSI KULIAH yang sepertinya dianggap enteng oleh sebagian mahasiswa. Hasilnya adalah kurang dari 50% mahasiswa tiga kelas yang absen sempurna 100%, padahal sudah dijanjikan bonus nilai untuk pencapaian absen tersebut. Mahasiswa yang mendapat nilai A, 95% adalah mahasiswa yang absennya 100% ! absen yang kurang berimbas pada ketidaktahuan adanya tugas atau kuis, yang berakibat pada kosongnya penilaian tugas atau kuis .. dan hilangnya nilai bonus !

Kedua, CATATAN KULIAH yang sepertinya sebagian mahasiwa terlalu malas atau terlalu lemah untuk menulis materi kuliah yang disampaikan dalam bentuk tertulis dan lisan dari dosen selama perkuliahan. Terlalu menggantungkan diri pada materi presentasi dari dosen yang terbatas untuk 3 SKS dan malas membaca text book ! Salah satu akibatnya adalah nilai ujian yang kurang bagus, pas pasan bahkan kacau balau, yang meskipun ujian open book, 30% - 40% pertanyaan essay bisa dijawab jika memiliki catatan kuliah yang rapi, lengkap dan memiliki text book yang disarankan oleh dosen.

Ketiga, TUGAS BESAR kuliah yang meliputi pembuatan paper prototyping dan laporan. Beberapa kelompok mampu menghasilkan prototype dengan ide menarik dan laporan yang lengkap. Sayangnya ada beberapa kelompok juga yang sepertinya tidak menganggap penting tugas besar yang memiliki bobot 30% dari total nilai (setara dengan bobot praktikum), tidak melakukan perbaikan pada paper prototyping hasil bahasan presentasi awal, laporan yang kurang lengkap (contoh : tidak menyertakan flowchart dari skenario aplikasi) dan kelompok yang tidak kompak (malah ada kelompok yang bubar karena masing-masing anggota kelompok ngotot tidak mau bekerja dan berpartisipasi). Bahkan ada kelompok yang belum setor video paper prototyping sampai dengan nilai akhir keluar … sepertinya juga tidak tahu dan tidak mau tahu.

Demikian hasil penilaian umum kuliah IMK semester ini, kepada mahasiswa yang telah lulus kuliah saya ucapkan selamat, ide-ide yang anda sampaikan dan tulis agar bisa dikembangkan dan diwujudkan … untuk mahasiswa yang belum lulus, saya harap bisa kembali ke jalan yang benar ! … tetap semangat !

Comments