Kelok Sembilan, Sumatera Barat



Kelok Sembilan adalah jalan berliku yang terletak sekitar 30 km sebelah timur Payakumbuh, Sumatera Barat, jalan yang menuju ke provinsi Riau. Kelok Sembilan artinya adalah sembilan belokan tajam. Jalan ini membentang melalui Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan merupakan bagian dari hubungan jalan yang saling terhubung antara Sumatera Tengah dan Pantai Timur Sumatra. Kelok sembilan memiliki tikungan tajam, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua bukit antara dua cagar alam Cadangan Air Putih dan Cagar Alam Harau. Jalan layang atau jembatan layang baru secara resmi diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013. Kelok sembilan telah ada sejak pemerintah Hindia Belanda antara tahun 1908-1914. Jalan ini berliku melintasi Bukit Barisan yang membentang dari utara ke selatan Pulau Sumatra. Jika direntangkan lurus, panjang putarannya hanya 300 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter.


Pembangunan jembatan Kelok Sembilan dimulai pada tahun 2003. Dibangun di atas Kelok 44 yang lama. Pekerjaan ditangani dalam dua tahap pembangunan. Panjang total jembatan dan jalan yang dibangun adalah 2.537 meter, terdiri dari enam jembatan dengan panjang 959 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter. Jembatan Kelok Kelok Sembilan terdiri dari enam jembatan dan memiliki lebar jalan selebar 12,5 meter. Bentang jembatan pertama memiliki panjang 20 meter, rentang kedua 230 meter, dan rentang ketiga 65 meter. Rentang keempat memiliki panjang 462 meter. Rentang jembatan keempat adalah jenis jembatan lengkung beton dengan bore pile sedalam 20 meter untuk menahan berat jembatan dan kekuatan horizontal gempa. Jembatan kelima memiliki panjang 31 meter dan rentang keenam 156 meter. Nah, saya bekesempatan melewati Kelok Sembilan pada tahun 2015, dalam perjalanan ke kota Bukit Tinggi … sayang pada waktu itu sedang kemarau panjang, Sumatera Barat mendapat kiriman asap akibat kebakaran hutan di Riau. Kondisi Kelok Sembilan berkabut akibat asap kiriman tersebut, kalau tidak membuat sulit bernafas sebenarnya asap jadi mirip kabut biasa .. membuat Kelok Sembilan seperti jalanan di game Silent Hill, misterius gitu … enjoy lah ! (Foto : Bpk. Acep dan koleksi pribadi)

Rest area di Kelok Sembilan, bisa foto-foto sambil nangkring dan jajan makanan

Parkir bus tepat disisi lembah, tebing curam yang sudah diplester beton

Salah satu belokan di Kelok Sembilan, ngeri-ngeri indah gitu .. 

Kondisi jalan lancar berasap ...

Jembatan Kelok Sembilan

Berpose dulu, bukti otentik pernah mejeng di Kelok Sembilan

... dari Kelok Sembilan melanjutkan perjalanan ke Bukit Tinggi, ketemu Jam Gadang !

Iseng-iseng motret monyet sedang makan siang di Lobang Jepang, Bukit Tinggi .. sudah biasa lihat manusia, jadi beliau cuek saja melanjutkan makan :-)

Comments