Novel : The Dinosour Feather



Oke, sudah lama saya tidak menulis resensi novel, sebenarnya ada beberapa novel yang sudah saya baca, novel-novel hasil berburu buku murah di Big Bad Wolf Bandung beberapa waktu lalu. Selain judulnya menarik, cerita pembunuhan modern tetapi berkaitan dengan penelitian dinosaurus, buku ini juga cukup murah untuk ukuran hard cover, harga normal sekitar 300 ribu untuk novel 431 halaman hanya jadi 80 ribu saja. Novel ini adalah pemenang penghargaan Danish Crime Novel of the Decade dari Swedia, novel pertama dari S.J. Gazan, pengarang wanita ini membuat novel kisah  klasik Skandinavia noir, mulai dari karakternya yang kaya, dengan penulisan latar belakang kehidupan yang lengkap dan kompleks hingga penjelajahannya bidang keilmuan biologi pada salah satu aspek paling menarik dari penelitian dinosaurus dan unggas kontemporer yang sangat meyakinkan. Terus terang saja, saya merasa sedikit kesulitan mencerna istilah-istilah biologi yang banyak digunakan dalam novel ini, tetapi pengarang dapat menyampaikan dengan cukup sederhana dan meyakinkan.

Novel ini bercerita mengenai seorang pascasarjana biologi dan PhD bernama Anna Bella Nor hanya dua minggu lagi dari mempertahankan tesisnya tentang asal-usul burung ketika atasannya, Dr. Lars Helland yang arogan dan dibenci banyak orang, ditemukan tewas di kursi kantornya di Universitas Kopenhagen. Dalam pangkuan berdarah orang mati, dicurigai karena pembunuhan itu adalah salinan tesis Anna. Ketika otopsi menunjukkan bahwa Helland mungkin telah dibunuh dengan cara yang sangat cerdik, Superindenden Polisi Søren Marhauge memulai tugas yang rumit untuk mengurai jalinan interpersonal dan intrik intelektual di antara para ilmuwan di universitas, bukan hanya melibatkan penelitian di Swedia, tetapi juga ‘perang’ antar peneliti seluruh dunia mengenai asal usul burung dan dinosaurus. Søren harus menyelidiki berbagai latar belakang semua orang yang terlibat, mulai dari ibu tunggal Anna Bella Nor yang memiliki hubungan rumit dengan orang tua dan sahabatnya hingga mantan istri Marhauge, yang sedang mengandung anak suaminya saat ini, memiliki sesuatu untuk disembunyikan, menghadirkan detektif dengan tantangan profesional dan pribadi terbesar sepanjang karirnya.

Sepertinya saya baru membaca sebuah novel yang dengan cerdas memadukan perdebatan ilmiah mengenai penelitian, misteri pembunuhan dan dengan karakter-karakter yang kompleks, hampir semua tokoh dalam novel ini dikupas sedikit demi sedikit latar belakang kehidupannya, hubungan antar tokoh dan, ini hebatnya hampir semua tokoh memilik rahasia masa lalu bahkan sang detektif sekalipun, orang yang tersiksa batinnya karena kehilangan orang yang dicintai. Novel ini mengupas perdebatan ilmiah dengan cukup cerdik, tidak membosankan .. saya bahkan cukup mendapat pengetahuan mengenai perdebatan asal usul burung, perdebatan mengenai apakah dinosaurus memiliki bulu seperti burung. Cara pembunuhan pun termasuk aneh, dengan memasukan telur cacing pita ke korbannya sehingga korban menderita selama berbulan-bulan membuat detektif Søren bingung sampai memutuskan bekerja sama dengan Anna untuk memcahkan kasus ini, termasuk memecahkan masalah kehidupan pribadi para tokohnya. Alur novel ini cukup terjaga dengan baik, membuat penasaran meski di bab terakhir terasa sedikt bertele tele tetapi kisah ini ditutup dengan sangat baik, mengejutkan termasuk saat Anna ‘membantai’ professor yang berseberangan pendapat mengenai penelitiannya, dengan cara yang sangat ilmiah yaitu menemukan ketidak konsistenan dalam rangkaian penelitian lawannya. Untuk para penggemar novel misteri yang benar-benar padat dengan keilmuan, saya sangat sarankan novel ini .. saya kurang tahu apakah ada edisi bahasa Indonesianya atau tidak, selamat menikmati ! 

Comments