Fotografer Yang Mengubah Cara Kita Melihat Binatang

Ye Ye, panda berumur 16 tahun sedang bersantai di Wolong Nature Reserve, China (Foto : Ami Vitale)

Budaya populer dapat membuat stereotip dari seekor panda yang 'manja' atau ular yang 'jahat',  tetapi beberapa fotografer berusaha mengubah cara kita melihat satwa liar, tulis Graeme Green (www.bbc.com). Liar dan menakutkan, gorila raksasa dari film King Kong adalah monster yang perlu ditenangkan dengan pengorbanan manusia. Mengesampingkan ukuran, itu adalah penggambaran aneh tentang seekor binatang yang, seperti yang diketahui oleh yang berdiri di dekat gorila, mereka memancarkan perasaan damai dan lembut. Ketika Ami Vitale, seorang fotografer memotret gorila di Uganda, dia melihat bayi gorila yang nakal diasuh oleh ayah mereka yang sabar, ketika keluarga gorila tersebut sedang makan dan mengunyah daun. Ini bukan hewan yang mengamuk hebat di hutan, ancaman mematikan bagi apa pun yang menghalangi jalan mereka. Film dan sastra memberikan pengaruh kuat pada bagaimana orang berpikir tentang binatang, dengan versi fiksi sering jauh dari kenyataan. Hiu bukan pembunuh yang suka membalas dendam. Ular bukan 'jahat'. Dan mayoritas panda, tidak peduli apa yang dikatakan film-film itu, bukanlah jago Kung Fu. “Kami telah mengubah panda menjadi karakter kartun yang konyol,” kata jurnalis foto National Geographic Ami Vitale, yang memotret beruang selama tiga tahun di provinsi Sichuan di China. “Kami biasa melihatnya sebagai boneka mainan dan di buku cerita, tapi sebenarnya tidak seperti itu sama sekali. Itu adalah makhluk yang sangat sulit dipahami, tenang dan menyendiri. " … begitulah, manusia kadang sibuk dengan diri sendiri sehingga tidak peduli sesama manusia, lingkungan apalagi binatang-binatang liar yang jauh dari kota besar. Semoga dengan pandemik ini akan membuat kita lebih banyak belajar, mengenal diri, orang lain, lingkungan dan binatang-binatang menakjubkan ini .. enjoy !

Trenggiling (Foto : Brent Stirton)

Joseph Wachira sedang mengucapkan selamat tinggal kepada Sudan, seekor badak putih tua yang sudah sakit parah (Foto : Ami Vitale)

Anak gajah sedang mandi debu di sebuah terminal bus, Kenya (Foto : Nick Brandt)

Gajah sedang cari sarapan di Ruaha National Park, Tanzania (Foto : Graeme Green)

Beruang es alias polar bear sedang berpelukan menghangatkan diri di Wapusk National Park, Manitoba, Kanada (Foto : Daisy Gilardini)

Gorila sedang banyak pikiran, di Virrunga National Park, Kongo (Foto : Nelis Wolmarans)

Sesama saudara, singa-singa ini sangat akrab, di Naboisho  Mara Conservacy, Kenya (Foto : Graeme Green)

Pelangi di Afrika (Foto : Clement Kiragu)

Kadal mata biru (Foto : Graeme Green)

Comments