Mengapa Kafein Membuat Kita Terjaga ?


 

Mengapa kafein membuat kita terjaga ? Mengapa kafein membuat kita tidak mengantuk ? Bagaimana pengaruh kafein pada tubuh kita ? Berikut ini penjelasan singkatnya : Apa itu kafein ? Kafein biasanya terdapat dalam teh, kopi, minuman berenergi, dan jenis minuman lain yang biasanya membuat kita terjaga atau tidak mengantuk. Kafein adalah obat yang diproduksi secara alami dari daun atau biji tanaman. Kafein juga bisa diproduksi secara buatan untuk ditambahkan ke berbagai jenis makanan. Melansir Kiddle, kafein adalah obat atau bahan kimia yang ditemukan di tumbuhan. Kafein adalah stimulan atau obat perangsang. Stimulan adalah obat yang meningkatkan meningkatkan kinerja tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, dan metabolisme. Kafein disebut obat karena merangsang atau memberi energi pada sistem saraf pusat. Itu sebabnya kafein membuat seseorang merasa lebih terjaga. Kafein menyebabkan peningkatan kewaspadaan dan membuat seseorang tidak mengantuk. Kafein merupakan mood buster dan memberikan energi sementara. Kafein juga bersifat diuretik. Sehingga kafein menyebabkan seseorang menghasilkan lebih banyak air seni. Bahan kimia kafein disebut alkaloid xantin, yaitu kelompok bahan kimia yang merupakan stimulan. Kafein bisa berbahaya bagi manusia dan hewan jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

 

Bagaimana pengaruh kafein pada tubuh kita ?

Melansir dari Kidpid, saat kita beraktivitas, muncul produk sampingan yang disebut adenosine. Adenosine memperlambat aktivitas otak dan mengakibatkan kita mengantuk. Di otak kita terdapat reseptor adenosin yang terstruktur sempurna sesuai dengan ukuran adenosine. Ketika adenosine terhubung ke reseptor, adenosine akan aktif. Sehingga otak bekerja perlahan dan kita merasa mengantuk atau kekurangan energi. Semakin banyak adenosine maka semakin kita merasa lelah dan mengantuk. Saat kita tidur, konsentrasi adenosine menurun dan membuat kita terjaga. Untuk berkonsentrasi atau menjaga diri kita tetap terjaga atau tidak merasa mengantuk, biasanya kita minum kopi yang mengandung kafein. Kafein mengikatkan diri ke reseptor adenosin dan memblokir jalan adenosine ke reseptor. Maka dari itu, adenosin tidak mengikat reseptor. Setelah itu, reseptor bekerja dengan berenergi. Tidak terjadi aktivitas otak yang melambat dan kita merasa segar.

 

Fakta tentang kafein

Berikut ini beberapa fakta tentang kafein : Kafein bisa ditemukan di sekitar 60 tanaman. Kafein telah digunakan oleh manusia sejak zaman Batu. Orang Eropa baru mulai minum kopi sekitar 1600 Sebelum Masehi. Lebah juga menyukai kafein karena membantu kinerja otaknya. Anak-anak sebaiknya menghindari minum kopi. Tanpa kopi, pertumbuhan anak akan lebih baik, bisa tidur nyenyak dan sehat.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Kafein Membuat Kita Terjaga?",

Penulis : Arum Sutrisni Putri

Editor : Arum Sutrisni Putri

 

 

 

Comments