Psikolog : Melihat Kembali Foto Lawas Bisa Buat Bahagia


 

Melihat kembali foto-foto lawas dinilai bisa menjadi bentuk perawatan diri yang sangat bermanfaat. Psikolog perilaku Jo Hemmings menyarankan, luangkan waktu sejenak untuk mensyukuri waktu-waktu yang sudah dilewati. "Meluangkan waktu untuk melihat kembali kenangan berharga bisa sangat bermanfaat bagi kesejahteraan mental karena dapat membantu membangkitkan perasaan positif dan bahagia," kata Jo seperti dilansir di Metro.co.uk, beberapa waktu lalu. Penelitian menunjukkan, saat mengulas foto lama, maka tidak hanya membantu ingatan sembari berbincang bersama keluarga atau teman (via pesan elektronik atau telepon), tetapi juga memicu emosi primer dan positif seperti kegembiraan dan cinta. Menurut Jo, hal ini menciptakan gelembung emosional, respons otomatis untuk kembali ke momen yang dilihat di layar. Hal itu menyatu dengan ingatan kita yang lebih luas tentang peristiwa yang tidak terpotret.    

                          

Anda bisa mencoba melakukannya dan mungkin akan mengingat cerita-cerita lucu pada momen tertentu. Saat melihat foto liburan bersama rekan misalnya, anda bisa ingat masa-sama persiapan rencana liburan mulai dari lokasi wisata yang ingin dikunjungi, berdebat sejenak soal hotel tempat menginap, atau candaan tentang tujuan kocak di balik rencana liburan itu. Perpaduan emosi itu merangsang oksitosin, hormon yang mendorong perasaan cinta dan ikatan serta memperkuat memori sosial di otak, dan dopamin yang dikenal sebagai hormon perasaan baik. Bahkan melihat kembali ke masa-masa yang mungkin tidak akan pernah hadir kembali lalu membuat anda melankolis terbukti memiliki dampak positif secara keseluruhan pada kesejahteraan. Pakar media sosial Sara Tasker mengatakan hadirnya tagar #throwback beberapa waktu lalu juga berkaitan tentang rasa syukur. Melalui #throwback, orang-orang bisa merayakan momen-momen yang sebelumnya mereka anggap biasa saja.










 

Catatan :

Terima kasih untuk teman-teman kuliah di STTI angkatan 88 dan 89, dengan melihat foto-foto lawas mengingatkan saat menjadi mahasiswa, salah satu waktu terbaik dalam hidupku.

Comments