Apa itu Metaverse ?

 

Secara sederhana metaverse adalah ruang bersama virtual kolektif. Awal istilah ‘Metaverse’ dapat dilihat dalam novel Neal Stephenson "Snow Crash" dari tahun 1992 dan di novel Ernest Cline "Ready Player One", yang telah dibuat filmnya. Metaverse adalah perpaduan sempurna antara realitas fisik, augmented, dan virtual. Metaverse adalah dunia virtual publik yang dapat diakses melalui internet. Ini menciptakan pengalaman "dunia maya" dengan mensimulasikan emosi dan gerak tubuh manusia. Metaverse meliputi seluruh struktur sosial dan ekonomi yang ada baik di dunia nyata maupun dunia maya. Avatar, konten, dan barang dapat berkeliling dengan bebas. Ini adalah pengalaman hidup yang tidak pernah berhenti atau berakhir seperti permainan. Metaverse adalah realitas virtual di mana individu dapat berkomunikasi dan bertransaksi satu sama lain dan dengan item 3D digital.



Poster film Ready Player One (2018)

 

Metaverse terkait dengan dunia virtual kolaboratif di mana mata uang dapat digunakan untuk membeli dan menjual tanah, bangunan, avatar, dan bahkan identitas. Individu dapat berjalan-jalan dengan teman-teman mereka, mengunjungi tempat-tempat, membeli barang-barang, dan menghadiri acara-acara di lingkungan tersebut. Musisi, misalnya, dapat melakukan pertunjukan virtual, dan perusahaan mode dapat membuat pakaian virtual untuk avatar orang untuk dipakai di lingkungan metaverse. Perlu dicatat bahwa Roblox, permainan anak-anak yang populer, menggembar-gemborkan dirinya sebagai perusahaan metaverse. Anda bisa mengunjungi kafe simulasi dan e-meet dengan teman-teman, atau bisa pergi ke galeri seni virtual untuk melihat tampilan seni digital. Metaverses, di sisi lain, tidak hanya untuk para gamer. Beberapa metaverse memungkinkan Anda untuk bertemu, berkolaborasi, berbelanja barang dan jasa, dan berpartisipasi dalam aktivitas seperti acara langsung, konser langsung, dan lainnya.



Roblox

Fortnite

 

Perusahaan Manakah yang Berinvestasi di Metaverse ?

 

Banyak perusahaan teknologi, termasuk Microsoft, Facebook, Roblox, dan Epic Games, telah berinvestasi untuk mewujudkan metaverse. Tetapi berapa banyak yang telah mereka capai sejauh ini ? Pengalaman Metaverse awal dapat ditemukan dalam permainan, karena pemain menciptakan dunia mereka sendiri yang berbeda. Pertimbangkan apa yang dicapai Epic Games dengan Fortnite. Mereka menyelenggarakan konser lengkap bagi orang-orang untuk berpartisipasi dan terhubung. Metaverse tidak memiliki batas. Memungkinkan individu untuk membayangkan ruang tanpa akhir yang tidak dibatasi oleh geografi. Facebook dan Microsoft, mengambil strategi yang sedikit berbeda. Horizon Workroom, metode baru bagi pekerja kantoran untuk berkomunikasi menggunakan virtual reality dan headset, baru-baru ini diluncurkan oleh Facebook. Ada Avatar yang berkeliaran di area kantor virtual secara real-time sehingga pengguna dapat mengadakan pertemuan VR dengan individu.



Facebook Horizon Workrooms

 

Di sisi lain, Microsoft berencana untuk sepenuhnya merevolusi cara bisnis dan operasi dilakukan dengan menciptakan kembaran digital dari dunia nyata yang dengannya kita dapat terlibat melalui realitas campuran. Roblox, game populer, menyebut dirinya sebagai perusahaan metaverse. Selain game Epic, Fortnite juga dianggap sebagai bagian integral dari Metaverse. Seiring waktu, Metaverse telah berkembang lebih dari sekadar pengalaman terkait game. Game seperti Unreal Engine dan Fortnite telah menunjukkan betapa bermanfaatnya jaringan ini, dan untuk alasan inilah, perusahaan seperti Facebook siap menginvestasikan begitu banyak uang ke dalamnya. Berdasarkan contoh yang tercantum di atas dan bagaimana berbagai raksasa teknologi memanfaatkan Metaverse, jelas bahwa permintaan untuk penyedia layanan Metaverse akan meningkat secara dramatis. Tapi, apakah Metaverse cukup bermanfaat bagi individu seperti kita ?



Mesh for Microsoft Team

 

Apa yang Dapat Anda Lakukan Dengan Metaverse ?

 

Dengan penggunaan teknologi metaverse, pengguna dapat dengan mudah memakai kacamata virtual reality yang memberikan sensasi berada di depan pendamping, meskipun terpisah secara fisik dan hanya terhubung melalui internet. Tidak ada batasan sama sekali. Setiap individu di metaverse akan memiliki avatar digital mereka sendiri, yang akan mirip dengan kita. Kami akan dapat terhubung dengan metaverse melalui augmented reality dan digital, tetapi kami juga dapat berinteraksi dengan beberapa aspek di area fisik kami. Anda dapat memiliki banyak kepribadian di metaverse secara bersamaan, yang dapat Anda kembangkan untuk berbagai alasan. Anda dapat mengumpulkan barang-barang langka, memainkan instrumen, atau bergabung dengan tim olahraga populer sebagai pemain. Setiap karakter Anda dapat dibuat untuk alasan tertentu.

 

Bagaimana masa depan Metaverse ?

 

Bayangkan belajar, bekerja, berinteraksi, menghadiri konser, menghasilkan uang, dan bermain game di dunia online yang merupakan perpanjangan dan perpaduan dari dunia nyata. Selain itu, pertemuan dengan klien, hiburan digital, pelatihan kerja, dan bahkan studi online diharapkan tersedia secara online di masa mendatang, berkat Metaverse. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak bisnis berinvestasi di Metaverse : kemampuan jaringan untuk mengubah dunia tidak dapat disangkal.

 

Sumber :

Enter the metaverse : the digital future Mark Zuckerberg is steering us toward, https://www.theguardian.com/

What is Metaverse ? A definitive guide !, https://www.quytech.com/

Metaverse, https://en.wikipedia.org/

Video Mesh for Microsoft Teams : https://www.youtube.com/watch?v=lLPYSsqyukk   

Comments