Pengantar Kecerdasan Buatan (Bagian 6)


Pembelajaran mesin (machine learning) telah ada selama beberapa dekade dengan banyak kegunaan dari teknologi canggih ini. Teknologi ini membantu dalam hal penghematan biaya, peluang pendapatan, dan pemantauan risiko. Untuk memberikan gambaran tentang aplikasi pembelajaran mesin, berikut adalah beberapa contoh :

(1)  Perawatan Prediktif : monitor sensor untuk memperkirakan kapan peralatan mungkin gagal. Teknologi ini tidak hanya membantu mengurangi biaya tetapi juga mengurangi waktu henti dan meningkatkan keselamatan. Faktanya, beberapa perusahaan menggunakan drone untuk mengumpulkan data, yang jauh lebih efisien. Teknologi ini terbukti cukup efektif untuk industri seperti energi, pertanian, dan konstruksi.

(2)  Merekrut Karyawan : proses ini bisa menjadi proses yang membosankan karena banyak resume calon karyawan yang seringkali bervariasi. Hal ini bisa berarti mudah untuk melewatkan kandidat hebat yang sangat dibutuhkan perusahaan. Tetapi pembelajaran mesin dapat sangat membantu. Sistem ini juga mengotomatiskan pembuatan deskripsi pekerjaan, yang bahkan memperhitungkan nuansa berdasarkan industri dan lokasi.

(3)  Pengalaman Pelanggan : pelanggan menginginkan pengalaman yang dipersonalisasi. Mereka yang sudah terbiasa dengan hal ini dengan menggunakan layanan seperti Amazon.com dan Uber. Dengan pembelajaran mesin, perusahaan dapat memanfaatkan datanya untuk mendapatkan wawasan, mempelajari tentang apa yang benar-benar berhasil untuk melayani kebutuhan pelanggan.

(4)  Keuangan : pembelajaran mesin dapat mendeteksi ketidaksesuaian, misalnya dalam penagihan. Ada teknologi baru, yang disebut RPA (Robotic Process Automation), yang dapat membantu dalam hal ini. Ini mengotomatiskan proses rutin untuk membantu mengurangi kesalahan. RPA juga dapat menggunakan pembelajaran mesin untuk mendeteksi abnormal atau transaksi keuangan yang mencurigakan.

(5)  Layanan Pelanggan : contohnya pemanfaatan chatbots atau chatterbot (aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan percakapan obrolan online melalui teks atau text-to-speech, sebagai pengganti kontak langsung dengan manusia), yang menggunakan pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan interaksi dengan pelanggan.

(6)  Kencan : Pembelajaran mesin dapat membantu menemukan jodoh ! Tinder, salah satu aplikasi kencan terbesar, menggunakan teknologi tersebut untuk membantu meningkatkan kecocokan. Misalnya, ia memiliki sistem yang secara otomatis memberi label pada lebih dari 10 miliar foto yang diunggah setiap hari.  

 

Sumber : T. Taulli, 2019, Artificial Intelligence Basics A Non-Technical Introduction, Apress

 

 

 

  

Comments