4 Cara Bersyukur Kepada Allah, Kunci agar Selalu Bahagia dan Merasa Cukup

 

Bersyukur adalah satu hal penting yang harus dilakukan oleh seluruh umat manusia sebagai kunci agar selalu bahagia dan merasa cukup. Mengutip dari buku Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas III karya Fida' Abdulah dan Yusak Burhanudin, kata syukur diambil dari kata syakara, syukuran, dan wa syukuran yang berarti berterima kasih kepadanya. Dalam ajaran Islam, bersyukur dapat dimaknai sebagai mensyukuri atas segala nikmat yang telah Allah SWT limpahkan kepada hamba-Nya dengan istiqomah menyebut serta mengagungkan-Nya. Dengan menyadari nikmat, seseorang dapat senantiasa merasa berkecukupan. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur'an surat Ibrahim ayat 7 mengenai bersyukur.

 

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

 

Artinya: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan-mu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.'" (QS Ibrahim: 7).


Lantas, bagaimana cara bersyukur kepada Allah ? Berikut penjelasannya. Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya' 'Ulumuddin menyebutkan, ada empat cara bersyukur kepada Allah SWT.

(1)  Bersyukur dengan Hati : bersyukur dengan hati dapat dilakukan dengan menyadari sepenuh hati bahwa segala nikmat dan rezeki yang kita dapatkan semata-mata merupakan karunia serta kemurahan Allah SWT.  Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 53, Allah SWT berfirman :

 

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

 

Artinya: "Segala nikmat yang ada pada kamu (berasal) dari Allah. Dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya lah kamu meminta pertolongan." (QS An-Nahl: 53).


Bersyukur dengan hati juga bisa membuat seseorang bersikap menerima terhadap karunia Allah SWT dengan penuh keikhlasan, tanpa rasa kecewa betapapun kecilnya nikmat tersebut. Seseorang yang bisa menerima ketetapan Allah SWT dengan ikhlas tentu akan merasa cukup dalam hidupnya.

(2)  Bersyukur dengan Lisan : bersyukur dengan lisan dapat dilakukan dengan memuji Allah SWT ketika mendapatkan nikmat dari seseorang. Apabila seorang muslim telah meyakini bahwa segala nikmat yang ia dapat berasal dari Allah SWT, hendaknya ia mengucapkan "Alhamdulillah (segala puji bagi Allah)". Seseorang yang bersyukur ketika mendapatkan nikmat dari seseorang juga harus menyadari bahwa orang tersebut sekadar menjadi perantara yang Allah perintahkan untuk menyampaikan nikmatnya.

(3)  Bersyukur dengan Tindakan : bersyukur dengan tindakan dapat dipahami bahwa semua nikmat yang kita dapatkan harus dimanfaatkan di jalan yang diridhai Allah SWT. Misalnya digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT, menolong orang lain dari kesulitan, membagikan sebagian harta kepada orang lain yang membutuhkan, dan berbagai macam perbuatan baik lainnya. Rasulullah SAW pun pernah menerangkan bahwa Allah SWT amat suka melihat nikmat yang diberikan kepada hamba-Nya dengan cara dimanfaatkan sebaik-baiknya. Seperti disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya, Allah senang melihat atsar (bekas/wujud) nikmat-Nya pada hamba-Nya." (HR At-Tirmidzi).

(4)  Merawat Kenikmatan : umat muslim yang mendapatkan nikmat dari Allah SWT hendaknya berusaha untuk merawat kenikmatan tersebut agar tidak rusak. Hal tersebut seperti menjaga amanah dari Allah SWT. Misalnya, manusia yang diberi tubuh sehat kewajibannya ialah menjaga agar tubuhnya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Salah satu caranya, yaitu dengan senantiasa mengonsumsi makanan yang baik dan halal. Selain itu, umat muslim juga sudah sepantasnya menjaga keimanan dan keislamannya dari segala penyakit-penyakit iman. Caranya dilakukan dengan memperbanyak ibadah, sholat, membaca Al-Qur'an, mendatangi majelis-majelis ta'lim, berdzikir, dan berdoa. Hakikatnya, semua nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umatnya, wajib dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Itulah 4 cara bersyukur kepada Allah SWT yang bisa diamalkan oleh umat muslim atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan mensyukuri nikmat Allah SWT, tentu seseorang akan senantiasa merasa cukup dan bahagia menjalani kehidupannya.

 

Rep : Berliana Intan Maharani

Sumber : https://www.detik.com/hikmah 

Comments

Post a Comment