Pahami Konsep Silaturahmi, Tidak Hanya ke Sesama Manusia

 

Silaturahmi artinya menyambung tali cinta dengan keluarga dan kerabat. Selain itu, silaturahmi juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Prof. Nasaruddin Umar dalam detikKultum detikcom, Rabu (12/4/2023), menuturkan bahwa bulan suci Ramadan menjadi momentum yang paling pas untuk menjalin tali silaturahmi. Dia mencontohkan, kegiatan buka bersama keluarga, salat berjamaah hingga tadarus bersama termasuk ke dalam silaturahmi yang terjalin antar kerabat. Adapun, dalil silaturahmi tercantum dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al-anshari yang berbunyi :

 

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ، ذَرْهَ

 

Artinya: "Beribadahlah pada Allah SWT dengan sempurna jangan syirik, dirikanlah salat, tunaikan zakat, dan jalinlah silaturahmi dengan orangtua dan saudara," (HR Bukhari).

 

"Konsep silaturahmi ini bukan hanya terbatas kepada sesama umat Islam juga. Apapun agamanya, berapa pun umurnya mari kita silaturahmi," tuturnya. Bahkan, menjalin tali silaturahmi tidak hanya dilakukan kepada yang masih hidup saja. Mendoakan orang yang sudah wafat juga tergolong ke dalam silaturahmi. "Hubungan interaktif antara orang hidup dan orang mati itu tidak diingkari dalam Al-Qur'an dan hadits," kata Prof. Nasaruddin menjelaskan. Menurutnya, konsep silaturahmi sangat luas. Tidak hanya kepada sesama manusia bahkan makhluk-makhluk ciptaan Allah yang lain seperti binatang dan tumbuhan juga bisa kita jalin silaturahminya. Menyiram bunga di pagi dan sore hari hingga tersenyum kepada binatang peliharaan termasuk ke dalam silaturahmi. Prof. Nasaruddin juga menyebutkan, silaturahmi tidak hanya dalam bentuk komunikasi verbal antara manusia, melainkan sesuatu dengan niat yang tulus. "Jadi inilah yang perlu kita sampaikan kepada jemaah sekalian bahwa silaturahmi itu betul-betul harus ditujukan kepada siapa saja makhluk Allah. Jadi, binatang, tumbuh-tumbuhan dan seterusnya itu perlu kita lakukan (silaturahmi)," pungkasnya.

 

Sumber : https://www.detik.com/hikmah 

Comments