Tawakal Sebagai Ciri Orang yang Dicintai Allah SWT

 

Tawakal artinya berusaha sedemikian rupa sebelum menyerahkan segala sesuatu kepada Allah SWT. Sikap tawakal menjadi ciri dari seseorang yang beriman, karenanya setiap muslim perlu bertawakal agar tidak putus asa dan senantiasa percaya kepada Allah bahwa semua telah diatur melalui rencana-Nya. Disebutkan dalam surat Ali Imran ayat 159, Allah SWT mencintai orang yang bertawakal. Berikut bunyi ayatnya :

 

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

 

Arab latin: Fa bimā raḥmatim minallāhi linta lahum, walau kunta faẓẓan galīẓal-qalbi lanfaḍḍụ min ḥaulika fa'fu 'an-hum wastagfir lahum wa syāwir-hum fil-amr, fa iżā 'azamta fa tawakkal 'alallāh, innallāha yuḥibbul-mutawakkilīn

 

Artinya: "Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal,"

 

Berkaitan dengan itu, Prof Nasaruddin Umar dalam detikKultum detikcom, Senin (3/4/2023) menuturkan bahwa sikap tawakal dibagi ke dalam tiga tingkatan, yaitu tawakal, taslim, dan tafwidh. Seperti disebutkan sebelumnya, makna tawakal ialah berserah diri secara total kepada Allah SWT setelah berusaha semaksimal mungkin. Nah, setelah itu ada tingkatan tawakal yang kedua yaitu taslim. Taslim berarti usaha yang dilakukan seseorang kecil, namun banyak pertolongan yang diberikan. Dalam hal ini, Prof Nasaruddin mencontohkan seorang bayi yang menangis. "Bayi yang menangis kemudian rebutan tuh ibu, bapak, dan baby sitter. Jadi hanya berteriak sedikit, tapi orang berebut untuk membantunya," katanya. Tingkatan terakhir adalah tafwidh, artinya tidak ada usaha sama sekali selain pasrah kepada Allah SWT. Contoh nyata dari tingkatan tawakal tafwidh adalah janin yang berada di dalam kandungan sang ibu. Janin tidak perlu berteriak, tidak melakukan macam-macam, namun Allah menyediakan segala sesuatu seperti nutrisi ketika lapar. Tafwidh menjadi tingkatan tawakal yang paling sejati. Prof Nasaruddin mengimbau, bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi para muslim untuk belajar tawakal. Menurutnya, tawakal mampu mengangkat martabat seseorang baik di dunia maupun akhirat. "Sedapat mungkin kita meningkatkan kualitas tawakal kita," pungkasnya.

 

Sumber : https://www.detik.com/hikmah 

Comments

Post a Comment