Keutamaan Sholat di Hijir Ismail Ka'bah, Bisa Menghapus Dosa

 

Saat berada di tanah suci, tentunya kita ingin mendapatkan pahala yang semaksimal mungkin dengan menambah pelaksanaan amalan sunnah. Salah satunya adalah mengamalkan sholat di Hijir Ismail yang berada di sekitar Ka'bah. Hijir Ismail adalah bangunan yang berbentuk semacam pagar setengah lingkaran yang berada pada sebelah utara Ka'bah. Dikutip dari buku Ibadah Haji Proses Perjalanan, Pelaksanaan dan Keutamaan Tempat & Ritual tulisan Abbas Jumadi dkk, tadinya Hijir Ismail ini berbentuk lingkaran penuh. Lingkaran pagar ini setinggi 1,3 meter dan memiliki panjang kurang lebih 21,5 meter. Ada peristiwa yang menyebabkan Hijir Ismail hanya tersisa setengah lingkaran. Sebab, pada zaman Quraisy, terdapat perbaikan atau renovasi yang membuatnya terpotong setengah. Hijir dikatakan sebagai tempat di mana Nabi Ibrahim AS meletakkan istrinya, Hajar, dan putranya, Ismail. la memerintahkan Hajar untuk membuat bangsal di tempat itu. Ada pula riwayat yang mengatakan bahwa Nabi Ismail AS dan ibunya dikubur di Hijir Ismail. Keutamaan Hijir Ismail salah satunya sebagai bagian dari Ka'bah. Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu'anha, ia berkeinginan untuk masuk ke Ka'bah dan melaksanakan sholat di dalamnya, maka Rasulullah SAW menuntunnya dan mengajaknya masuk ke dalam Hijir seraya berkata,

 

صَلِّي فِي الْحِجْرِ إِنْ أَرَدْتِ دُخُولَ الْبَيْتِ فَإِنَّمَا هُوَ قِطْعَةٌ مِنْ الْبَيْتِ

 

Artinya : "Sholatlah di dalamnya bila kamu ingin masuk ke Ka'bah, sesungguhnya tempat ini adalah bagian dari Ka'bah." (HR Tirmidzi dan dishahihkannya)

Hukum sholat di Hijir Ismail adalah sunnah, tidak wajib dan tidak ada kaitan dengan rangkaian kegiatan ibadah haji atau ibadah umrah. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan sholat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru. Juga di pintu yang satu lagi ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang keluar setiap salat di Hijir, 'Kau telah mendapatkan rahmat, kalau kau umat Muhammad kau telah menjadi orang yang taqwa,'" Keutamaan sholat di Hijir Ismail Ka'bah sama seperti sholat di dalam Ka'bah yaitu kiblat seluruh umat muslim di dunia. Selain itu, terdapat keutamaan dari sholat di Hijir Ismail Ka'bah sebanyak dua rakaat yaitu akan diampuni dosa-dosanya dan seakan balik bersih seperti semula. Sholat sunnah di Hijir Ismail adalah salat sunat biasa yang tidak ada hubungannya dengan sunnah-sunnah thawaf dan dapat dilakukan kapan saja bila ada kesempatan.



https://www.detik.com/hikmah/haji-dan-umrah  

Comments

Post a Comment