Market Research

 

Apa itu riset pasar ? Riset pasar adalah proses menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui survei dan kuesioner dengan prospek dan/atau pelanggan. Proses ini melibatkan pengumpulan informasi tentang kebutuhan pasar dan prospek/preferensi pelanggan. Melalui riset pasar, anda dapat menemukan dan/atau menyempurnakan target pasar, mendapatkan pendapat dan umpan balik tentang apa yang diberikan kepada mereka (pelanggan/pengguna) dan mengungkap lebih lanjut poin prospek/pelanggan dan harapan layanan atau produk. Riset pasar dapat dilakukan sendiri, baik oleh anda dan tim riset atau melalui perusahaan pihak ketiga yang spesialisasi di dalamnya (mereka biasanya memiliki panel riset sendiri atau mampu membuat panel riset yang sesuai dengan kebutuhan).

 

Empat jenis riset pasar yang umum

Ada banyak cara berbeda untuk melakukan riset pasar untuk mengumpulkan data dan umpan balik pelanggan, menguji konsep produk, dan melakukan riset merek, yang paling umum adalah :

1) Survei : bentuk riset pasar yang paling umum digunakan, survei adalah bentuk penelitian kualitatif yang menanyakan serangkaian pertanyaan terbuka atau tertutup kepada responden, yang disampaikan baik sebagai kuesioner di layar atau email. Survei sangat populer karena murah, mudah dibuat, dan dapat menangkap data dengan sangat cepat, menghasilkan wawasan yang lebih cepat.

2) Kelompok fokus (focus group) : mengapa tidak menyatukan sekelompok orang yang dipilih dengan cermat di pasar sasaran dengan menggunakan kelompok fokus ? Meskipun lebih mahal dan kompleks daripada survei dan wawancara, grup fokus dapat menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang prospek dan perilaku pelanggan, mulai dari bagaimana pengguna merasakan produk dan layanan hingga pesan pemasaran apa yang benar-benar selaras dengan mereka.

3) Pengamatan (observasi) : daripada mewawancarai atau menyurvei pengguna, cukup membuat catatan saat seseorang dari target pasar/target audiens terlibat dengan produk. Bagaimana mereka menggunakannya ? Apa yang kesulitan mereka ? Apakah mereka terlihat seolah-olah memiliki kekhawatiran ?

Mengamati audiens target/target pasar dengan cara ini adalah alternatif yang bagus untuk metode lain yang lebih tradisional dalam daftar ini. Ini lebih murah dan jauh lebih alami karena tidak dipandu oleh moderator atau serangkaian pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya. Satu-satunya masalah adalah tidak bisa mendapatkan umpan balik langsung dari mulut pengguna, jadi ada baiknya menggabungkan jenis penelitian ini dengan wawancara, survei, dan/atau kelompok fokus.

4) Wawancara : wawancara memungkinkan diskusi tatap muka (baik secara langsung maupun virtual), memungkinkan percakapan yang lebih alami dengan peserta. Untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam (terutama dengan isyarat non-verbal yang memberi bobot lebih besar pada pendapat), tidak ada yang lebih baik daripada wawancara tatap muka. Wawancara jenis apa pun akan memberikan informasi yang sangat baik, membantu Anda untuk lebih memahami prospek dan audiens target/target pasar Anda.

 

Gunakan kasus untuk riset pasar

Saat Anda ingin memahami prospek dan/atau pelanggan, tetapi tidak memiliki data untuk menetapkan tolok ukur, atau ingin meningkatkan produk dan layanan dengan cepat, riset pasar sering kali menjadi pilihan. Riset pasar (seperti yang disebutkan di atas), membantu menemukan bagaimana perasaan prospek dan pelanggan tentang produk dan layanan, serta apa yang ingin mereka lihat. Tetapi ada lebih banyak kasus penggunaan dan manfaat untuk riset pasar daripada yang disebutkan di atas.

 

Mengurangi risiko kegagalan produk dan bisnis

Dengan usaha baru apa pun, tidak ada jaminan bahwa ide baru itu akan berhasil. Dengan demikian, terserah untuk menetapkan selera pasar terhadap produk atau layanan. Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui riset pasar, untuk memahami tantangan yang dihadapi prospek dan dengan cepat mengidentifikasi di mana Anda dapat membantu. Dengan data dari survei pasar kemudian dapat membuat solusi yang memenuhi kebutuhan dan harapan calon pelanggan.

 

Perkirakan tren masa depan

Riset pasar tidak hanya membantu memahami pasar saat ini, tetapi juga membantu memperkirakan kebutuhan di masa depan. Saat melakukan riset dan menganalisis temuan, dapat mengidentifikasi tren, misalnya, bagaimana merek dan bisnis mengadopsi teknologi baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau bagaimana keberlanjutan menjadi fokus inti untuk pengemasan. Apa pun yang ingin pahami tentang masa depan bisnis di pasar, riset pasar yang komprehensif dapat membantu Anda mengidentifikasinya.

 

Tetap terdepan dalam persaingan

Memahami pasar dan apa yang diinginkan prospek dan pelanggan akan membantu tetap terdepan dalam persaingan. Faktanya adalah bahwa bisnis teratas sering berinvestasi dalam riset pasar untuk mendapatkan keunggulan, dan mereka yang tidak memanfaatkan wawasan audiens mereka kehilangan buah yang menggantung. Selain membantu tetap terdepan, juga dapat menggunakan riset pasar untuk mengidentifikasi celah di pasar, mis. kekuatan dan kelemahan pesaing. Mintalah peserta untuk menjawab pertanyaan tentang produk/layanan pesaing, atau bahkan menggunakan produk/layanan tersebut  dan cari tahu bagaimana dapat menyempurnakan penawaran untuk mengatasi masalah ini.

 

Rencanakan lebih strategis

Apa dasar dari strategi bisnis ? Jika berdasarkan bukti, mis. apa yang orang harapkan dari produk dan layanan, akan jauh lebih mudah untuk memberikan sesuatu yang berhasil. Alih-alih membuat asumsi tentang apa yang harus lakukan, riset pasar memberi pemahaman yang jelas dan konkret tentang apa yang ingin dilihat orang.

 

Bagaimana menulis rencana/template riset pasar ?

Rencana riset pasar sangat mirip dengan ringkasan karena mendokumentasikan informasi dan langkah paling penting tentang proyek. Anggap itu sebagai cetak biru yang menguraikan tujuan utama, pertanyaan kunci dan hasil, audiens target dan ukuran, garis waktu, anggaran, dan variabel kunci lainnya. Isi laporan rencana riset pasar umunya adalah sebagai berikut :

 

1) Ikhtisar atau ringkasan : gunakan bagian pertama dari rencana riset pasar untuk menguraikan latar belakang masalah yang coba diselesaikan (biasanya ini adalah pernyataan masalah atau pertanyaan masalah). Sertakan informasi latar belakang tentang tujuan penelitian dan bisnis untuk memberikan konteks kepada mereka yang akan membaca laporan, serta kebutuhan penelitian. Buat ikhtisar tetap sederhana dan ringkas; fokus pada elemen yang paling menonjol.

2) Tujuan : apa yang ingin dicapai dengan survei ini ? Tujuan adalah bagian terpenting dari survei. Pastikan untuk membuat daftar 3-5 keputusan atau inisiatif yang akan dipengaruhi oleh penelitian. Misalnya : Pahami saluran/jalan yang paling sering digunakan untuk keterlibatan pelanggan dan pembelian untuk memutuskan di mana harus memprioritaskan anggaran pemasaran dan penjualan pada Q1 2022. Tentukan apa yang menyebabkan churn pelanggan pada tahap selanjutnya dari perjalanan pembeli dan terapkan strategi retensi dan penjualan baru untuk mengatasinya. Tujuan harus cerdas, yaitu : Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Tepat Waktu.

3) Kiriman (atau hasil) : bagian ini harus fokus pada apa yang diharapkan di akhir proyek. Berapa banyak tanggapan yang dicari ? Bagaimana data akan disajikan ? Kepada siapa data akan dibagikan ? (Pemangku kepentingan, eksekutif) Apa langkah selanjutnya ? Pastikan menyatakan bagaimana akan mengumpulkan dan menganalisis data setelah tersedia.

4) Sasaran audiens : Jangan bingung dengan sampel riset pasar, audiens target mewakili siapa yang ingin diteliti. Tentu saja, sampel mungkin termasuk pembeli ideal dari audiens target. Di sini ingin menentukan variabel atau faktor utama audiens : demografis, usia, lokasi, interaksi produk, pengalaman, dan sebagainya. Ada baiknya membangun persona pembeli dan menyertakan perincian singkatnya di sini.

5) Contoh rencana : berapa banyak peserta yang ingin diteliti dan kelompok seperti apa yang ingin dijangkau ? Bergantung pada kedua variabel ini, mungkin harus menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif, atau multi-metode.

6) Metode penelitian : metode apa yang akan digunakan dalam proyek riset pasar ? Wawasan (dan perincian wawasan tersebut) akan bergantung pada metode dan alat yang dipilih. Misalnya, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, survei sering kali menjadi pilihan bagi banyak organisasi karena terjangkau dan mudah, tetapi jika ingin mendapatkan lebih banyak pandangan pribadi dari responden, wawancara satu-ke-satu mungkin lebih dapat diterapkan. Pastikan untuk menguraikan metode apa yang akan digunakan sebagai bagian dari rencana penelitian.

7) Waktu (timeline) : berapa lama proyek penelitian akan berjalan? Ada baiknya menyusun Gantt chart untuk menyoroti tonggak penting dalam proyek, bersama dengan ketergantungan, dan untuk memecah tugas sebanyak mungkin. Jadwalkan dalam waktu darurat jika beberapa tugas atau penelitian berakhir atau membutuhkan lebih banyak tanggapan.

8) Anggaran : tetapkan anggaran untuk keseluruhan program dan cantumkan dalam rencana. Meskipun ini mungkin merupakan aspek yang paling sulit dari rencana penelitian apa pun, ini membantu menjadi lebih strategis tentang tugas dan meminta pertanggungjawaban orang di setiap tahap proses. Jika biaya habis, ada baiknya mengetahui riset pasar di masa mendatang. Jika biaya lebih rendah dari yang diantisipasi, kemudian memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian lebih lanjut atau mendukung bidang studi lainnya.

9) Masalah etis atau konflik kepentingan : salah satu bagian terpenting dari rencana riset pasar adalah harus menyoroti masalah etika. Pertama-tama, adalah tugas anda untuk menyatakan apakah tanggapan akan dirahasiakan atau tidak sebagai bagian dari penelitian. Penting juga untuk mengizinkan peserta tetap anonim dan memastikan melindungi privasi mereka setiap saat. Masalah lain yang perlu dipertimbangkan adalah stereotip. Setiap analisis populasi nyata perlu membuat perkiraan dan menempatkan individu ke dalam kelompok, tetapi jika dilakukan secara tidak bertanggung jawab, stereotip dapat menyebabkan hasil yang tidak diinginkan. Konflik kepentingan, mungkin peneliti memiliki kepentingan dalam hasil proyek yang mengarah pada keuntungan pribadi yang dapat membahayakan integritas proyek riset pasar. Anda harus menyatakan dengan jelas dalam laporan riset pasar bahwa setiap potensi konflik kepentingan disoroti dan ditangani sebelum melanjutkan.

 

Sumber : Market research & templates : a complete guide, https://www.qualtrics.com/  

Comments