Kenapa Kucing Menyukai Kardus ?

 

Memelihara kucing berarti menghadapi berbagai macam perilaku kucing yang sangat lucu dan sangat aneh. Meskipun setiap kucing berbeda, ada beberapa kesamaan, salah satunya adalah kucing menyukai kardus. Dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (10/6/2023), para ahli memiliki beberapa teori tentang kenapa kucing menyukai kardus. Berikut beberapa penyebab kucing menyukai kardus dan berdiam di dalamnya.

1. Kardus memberikan rasa aman bagi kucing, meskipun ada beberapa teori tentang mengapa kucing menyukai kotak, Mark D Freeman, asisten profesor klinis di Fakultas Kedokteran Hewan VA-MD, AS mengatakan penjelasan yang paling banyak diterima adalah faktor keamanan. Kucing pada dasarnya adalah hewan samar, artinya mereka lebih suka memiliki tempat persembunyian yang aman untuk mengamati dunia di sekitar mereka, tutur Freeman. Menurut dia, kucing adalah pemburu sekaligus mangsa, jadi memiliki tempat yang aman untuk memantau ancaman dari pemangsa serta memantau mangsa adalah hal yang ideal. Kardus dan ruang kecil dan terbatas lainnya dianggap memberikan rasa aman bagi kucing.

2. Kardus menjaga kucing tetap hangat, kucing juga menyukai kardus karena merasa nyaman secara fisik. Kardus dapat mengurangi stres kucing dan membantu kucing mengatur suhu tubuhnya, menurut Daniel Rotman, CEO PrettyLitter. Suhu lingkungan optimal bagi kucing untuk mempertahankan suhu tubuhnya adalah di atas 29 derajat celcius. Ruang kecil dan tertutup, seperti kardus, dapat menjadi insulasi yang membantu kucing mempertahankan panas tubuhnya. Mengapa beberapa kucing lebih menyukai kardus daripada yang lain ? Kucing dengan bulu panjang, yang memiliki kondisi tiroid, dan ras kucing tertentu menyukai suhu yang sedikit lebih dingin, jadi mungkin tidak sering melihat mereka duduk di dalam kardus, tutur Emily Parker, pakar perilaku kucing di Catological. Namun, jika Anda memiliki anak kucing, kucing kurus, atau kucing berbulu pendek, mungkin menemukannya meringkuk di dalam kardus saat tidak sedang bersantai di bawah sinar matahari atau meringkuk di pakaian Anda. Keinginan akan kehangatan itu sebagian mengapa kucing juga mendengkur.

3. Kotak dapat membantu kucing mengurangi kecemasan, memberi kucing kardus bahkan dapat membantu mengatasi kecemasan yang dirasakannya. Saat kucing terlalu terstimulasi, lelah, atau hanya butuh istirahat, sebuah kotak memberi mereka kemampuan untuk mengisi ulang energi hingga siap untuk keluar dan bermain lagi, sebut Rotman. Pikirkan kardus sebagai semacam zona meditasi. Kucing, terutama yang baru saja diadopsi, sering merasa stres dan kewalahan. Sebuah kardus memberi mereka ketenangan, jauh dari semua keributan, terang Parker.

 

Mengapa kucing mengunyah dan menggaruk kardus ? Kardus memiliki elemen tekstur yang sangat disukai kucing. Anda akan sering menemukan mereka menggaruk, mengunyah, dan mengacak-acak kardus, yang merupakan sumber hiburan dan kesenangan bagi kucing, tutur Freeman. Kelenjar aroma pada telapak kaki kucing meninggalkan tanda unik di kardus, yang menandai wilayah mereka, jelasnya. Apakah kardus aman untuk kucing ? Kardus tidak menimbulkan risiko bagi kucing, asalkan berada di permukaan yang kokoh dan jauh dari pemanas atau area lalu lintas yang tinggi. Pastikan kardus bebas dari staples dan selotip, yang bisa melukai kucing. Pastikan untuk memeriksa kardus sebelum Anda memberikannya kepada kucing untuk dijelajahi, terutama karena kucing cenderung bergesekan dengan benda-benda, saran Rotman.




 

Sumber : https://www.kompas.com

Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan  

Comments

Post a Comment