Forum Group Discussion “Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan” TIF Unpas Sesi 1

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prodi Teknik Informatika tahun 2023, acara Forum Group Discussion tentang “Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan” 12/10/2023



 

Sesi 1

Pembentukan Mindset Kewirausahaan

Apip Pirmansyah

 

Wirausaha : langsung jalan atau membuat perencanaan bisnis, kedua-duanya benar. Mahasiswa mulai berwirausaha sejak dari kuliah sehingga pada saat lulus akan mendapat pilihan, mengembangkan usaha atau mencari kerja. Wirausaha = mental sebagai wirausaha yang bisa diterapkan dibidang apapun, khususnya bisnis. Mental untuk berani mengambil resiko, kerja keras, pintar melihat peluang dll. pengusaha di Indonesia masih sedikit, kl. 3%. Bagaimana mengubah mindset mahasiswa ? salah satunya adalah ada sistem, ada kuliah yang mendukung bukan hanya teori tapi juga praktek.  Harus ada kurikulum praktek, motivasi, business plan, biasanya dalam kelompok dan menjalankan rencana tersebut. Penilaian mengacu pada produk hasil proyek mahasiswa, biasanya akan dipamerkan misalkan dalam bentuk video. Mengubah mindset tidak mudah (mental block), sebaiknya langsung dilakukan atau dipraktekan. Blue ocean : bisnis yang masih banyak peluang, produk belum ada, sedikit kompetitor, market yang sudah jelas. Problem adalah seberapa banyak investasi yang harus dikeluarkan. Red ocean : banyak saingan, pasar sudah jenuh. Problem harus ada pembeda sehingga mampu bersaing (marketing, harga, bungkus dll.).

 

Entrepreneur  adalah seseorang yang menyukai perubahan, menghasilkan temuan yang berbeda dengan orang lain, menciptakan nilai tambah, memberi manfaat untuk diri dan orang lain, karyanya berkelanjutan (bukan ledakan sesaat) dan dilembagakan sehingga kelak dapat bekerja efektif ditangan orang lain. (Rhenald Kasali) Ciri excellent entrepreneur adalah : berani mengambil resiko, menyukai tantangan, punya daya tahan tinggi, punya visi jauh ke depan dan selalu berusaha memberikan yang terbaik. Excellent entrepreneur menerapkan prinsip : punya reputasi baik, tumbuh dari bawah, anti kerumunan alias unik, fokus dan modal uang hanya pelengkap. Entrepreneur memiliki insting usaha  dengan kemampuan membaca pasar, kemampuan negosiasi, kemampuan untuk menentukan kapan untuk mengambil keuntungan, mencari potensi dan kemampuan interpersonal yang baik (supel, ramah, sopan, menghargai dan menghormati).   Wiraswasta masih melakukan kerja masih sendiri atau keluarganya, misal masak sendiri dengan omset cukup besar. Kekurangan kalau tida bisa kerja (misal sakit), bisnis berhenti. Wirausaha melakukan kerja dengan sistem, tidak langsung turun tangan (contoh franchise fast food).

 

Mahasiswa diharapkan menjadi wirausaha. Dengan sistem meiliki visi, memiliki target dan berkelanjutan. Negara ingin maju min 2% penduduk jadi entrepeneur, negara lain 5%-15%. Kapan waktu yang tepat untuk berwirausaha ?, langkah ke 1000 dimulai langkah pertama, mulai dari sekarang. Siap yang jadi pengusaha, semua bisa. Dimana tempat memulai wirausaha ? di sekeliling anda. Kunci sukses seorang entrepreneur adalah keberanian untuk memulai usaha, dimulai dengan modal otak atau ide atau mulai dari hobby. BODOL (berani optimis pakai duit orang lain). BOTOL (berani optimis pakai tenaga orang lain). BOBOL (berani optimis pakai sistem bisnis orang lain). Ekosistem perguruan tinggi harus sangat mendukung wirausaha, kuliah tidak cukup hanya teori harus didukung oleh praktikum, menjadi sistem dalam perkuliahan. Membuat inkubator bisnis, sebuah forum untuk menarik mahasiswa untuk wirausaha, sebaiknya sesuai dengan bidang ilmunya .











Comments