8 Contoh Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems)

 

Berikut delapan contoh paling umum dari sistem pendukung keputusan yang mungkin Anda temui di tempat kerja :

 

1. DSS Basis Data

DSS Basis Data memberi pengguna akses ke sejumlah besar data internal dan eksternal. DSS ini akan memanfaatkan database dengan menggunakan web, server eksternal, atau mainframe perusahaan, sistem ini bergantung pada penambangan data untuk memberikan pola dan informasi tentang data yang dinilai. Pengguna mengandalkan sistem pendukung keputusan berbasis data untuk membuat keputusan tentang bisnis, inventaris, dan produk. Manajer akan menganggap sistem pendukung keputusan berbasis data paling berguna ketika menganalisis data terkini dan historis untuk melaporkan kondisi departemen atau bisnis. CEO, manajer, dan staf mungkin menggunakan DSS berbasis data. Contoh perangkat lunak DSS berbasis data meliputi :

[1]  Sistem Informasi Geografis (GIS)

[2]  Sistem File (File Drawer Systems)

[3]  Sistem Informasi Eksekutif

[4]  Database Berbasis Komputer Dengan Sistem Query

 

2. DSS Berdasarkan Model

DSS berbasis model memungkinkan pengguna menganalisis dan memanipulasi model data tertentu, seperti statistik, keuangan, atau penjadwalan. Sistem pendukung keputusan ini khusus untuk jenis model yang ingin berinteraksi dengan pengguna dan biasanya menawarkan lebih sedikit data dibandingkan jenis DSS lainnya. Mereka menganalisis skenario dan data untuk memungkinkan pengguna memanipulasi model, seperti membuat jadwal kerja, juga menggunakan alat analisis sederhana atau statistik kompleks, bergantung pada tujuan model dan kebutuhan pengguna. Manajer, staf, dan pihak ketiga yang berinteraksi dengan bisnis mungkin menggunakan DSS berbasis model. Contoh perangkat lunak dari DSS berbasis model meliputi :

[1]  Perangkat Lunak Penjadwalan

[2]  Pemodelan Keuangan

[3]  Pemodelan Analisis Keputusan

[4]  Perangkat Lunak Optimasi

 

3. DSS Berbasis Pengetahuan

Dengan DSS berbasis pengetahuan, sistem manajemen pengetahuan memantau data yang terus diperbarui tentang suatu organisasi untuk mendukung keputusan. DSS menggunakan diagnosis, prediksi, interpretasi, dan klasifikasi untuk merekomendasikan tindakan yang konsisten dengan bisnis. DSS yang berbasis pengetahuan dapat bermanfaat bagi para manajer karena DSS melakukan tugas lebih cepat daripada kemampuan manusia. Sistem ini juga dapat membantu konsumen memutuskan produk dan layanan mana yang akan dibeli. DSS semacam ini sering kali bergantung pada komponen penambangan data. Manajer, staf, dan pengguna eksternal, seperti pelanggan, mungkin menggunakan DSS berbasis pengetahuan. Contoh perangkat lunak DSS berbasis pengetahuan meliputi :

[1]  Perangkat lunak yang mengidentifikasi pelanggan baru atau pelanggan lama

[2]  Perangkat lunak pemilihan produk

 

4. DSS Berbasis Dokumen

DSS berbasis dokumen mengambil informasi tidak terstruktur dari berbagai sumber elektronik. Sistem ini mencari halaman web, dokumen dalam database dan informasi lainnya berdasarkan istilah pencarian pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan. DSS berbasis dokumen mungkin khusus untuk file pribadi suatu bisnis atau seluas mesin pencari internet pada umumnya. Siapapun yang menggunakan fungsi pencarian database atau mesin pencari internet menggunakan DSS berbasis dokumen. Contoh perangkat lunak DSS berbasis dokumen meliputi :

[1]  Mesin Pencari

[2]  Perangkat Lunak Pencarian Basis Data

[3]  Database Artikel Dengan Fungsi Pencarian

  

 5. DSS Yang Digerakkan Oleh Komunikasi

DSS berbasis komunikasi menggunakan alat untuk mendukung komunikasi dan kolaborasi. Email adalah contoh DSS yang digerakkan oleh komunikasi. Jenis DSS ini mencakup alat berbagi yang memungkinkan banyak orang mengerjakan suatu proyek sekaligus dan perangkat lunak yang memungkinkan komunikasi digital antar orang. Hal ini meningkatkan efisiensi dan efektivitas proyek bersama dan dapat membantu memfasilitasi pertemuan dan percakapan. Anggota tim internal, penyelenggara pertemuan bisnis virtual, serta pengguna perangkat lunak rapat video dan obrolan online dapat memperoleh manfaat dari DSS berbasis komunikasi. DSS berbasis komunikasi juga bisa disebut DSS grup. DSS berbasis komunikasi berfokus pada komunikasi dan kolaborasi, sedangkan DSS kelompok membantu kelompok menyederhanakan proses pengambilan keputusan. DSS berbasis komunikasi, misalnya, dapat membantu dua orang yang bekerja di perusahaan yang sama dengan shift berbeda untuk berbagi dokumen. Hal ini juga memungkinkan karyawan di negara yang berbeda untuk bertemu secara virtual untuk melihat file bersama. Contoh perangkat lunak DSS berbasis komunikasi meliputi :

[1]  Layanan Obrolan Dan Pesan Instan

[2]  Perangkat Lunak Kolaborasi, Seperti Perangkat Lunak Berbagi Dan Pengeditan Dokumen

[3]  Surel

 

6. DSS Cerdas

DSS yang dirancang dengan kecerdasan buatan adalah contoh DSS cerdas (IDSS). Dalam IDSS, AI melakukan penambangan dan pemrosesan data untuk menyaring kumpulan data yang besar. IDSS dirancang untuk menawarkan layanan serupa dengan konsultan manusia. Sistem ini diprogram untuk mengidentifikasi pola dan tren untuk memandu pengambilan keputusan. Sistem ini juga dapat memecahkan masalah dan menganalisis solusinya. Komponen AI menambah keunggulan, seperti logika fuzzy dan pembelajaran mesin, pada DSS. Manajer, ahli diagnosa, dan pengambil keputusan lainnya mungkin menggunakan IDSS. Contoh perangkat lunak dari DSS cerdas meliputi :

[1]  Sistem Manufaktur Yang Cerdas

[2]  Sistem Diagnostik Medis

 

7. DSS Manual

DSS manual bergantung pada individu dan bukan komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Sekelompok ahli menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman organisasi atau proyek mereka. DSS manual jauh lebih lambat dibandingkan DSS berbasis komputer, namun jenis analisis tertentu masih memerlukan perhatian manusia di setiap langkahnya. Ekonom, eksekutif dan manajer mungkin menggunakan DSS manual. Contoh DSS manual meliputi :

[1]  Analisis Biaya-Manfaat

[2]  Matriks Keputusan

 

8. DSS Hibrida

DSS hibrid menggabungkan bagian-bagian dari beberapa jenis DSS untuk menciptakan hasil yang kompleks. Permasalahan besar dalam industri seperti keuangan dan layanan kesehatan mungkin memerlukan perangkat sistem pendukung keputusan ganda, seperti DSS berbasis pengetahuan dan DSS berbasis data. DSS hibrid mungkin menggunakan perangkat lunak tambahan untuk membantu komponen-komponen ini bekerja sama. Terkadang manusia menganalisis dan menggabungkan hasil dari setiap DSS. DSS hibrid mungkin juga menggambarkan sistem di mana manusia bekerja dengan DSS untuk mengekstrak dan memanipulasi data. Profesional medis, pengambil keputusan keuangan, dan peneliti mungkin menggunakan DSS hibrid. Contoh perangkat lunak DSS hibrid meliputi :

[1]  Tugas Beresiko (Risk Assessment)

[2]  DSS Klinis

[3]  DSS Berbasis Web  

Comments