Forum Group Discussion II “Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan” TIF Unpas Sesi 2

Bambang Ari Aji

Director of Token Business Morfolabs

Implementasi Blockchain Pada Ekosistem Marketplace

Rabu, 22 November 2023, Hotel Grand Tjokro 


 

Morfolabs adalah konsultan blockchain yang membantu perusahan untuk melakukan transisi dari web 2.0 ke pemanfaatan web 3.0. Contoh tranparansi blockchain adalah BscScan (BscScan.com) adalah penjelajah blockchain yang dikembangkan oleh tim yang sama dengan Etherscan, aplikasi ini menawarkan platform analitik untuk BNB Smart Chain, tetapi juga memiliki banyak fitur menarik lainnya. Manfaat BSCScan yaitu : mencari transaksi dan periksa perkembangannya, meihat blok terbaru yang ditambahkan ke blockchain, memeriksa saldo dompet dan transaksi apa pun yang telah dilakukan dll. Pengembangan internet dalam web 3.0 akan melihat pengguna menjadi peserta aktif dalam jaringan, bukan hanya konsumen konten yang dapat dengan mudah dikomoditikan oleh perusahaan teknologi. Terkait dengan kebangkitan kemajuan teknologi seperti cryptocurrency, NFT, Decentralized Autonomous Organizations (DAOs) dan bahkan Metaverse, Web 3.0 mengantarkan paradigma Internet baru berdasarkan transaksi peer-to-peer, transparansi dan demokrasi data.

 

Problem dala marketplace seperti phising, fake wallet, ponzi (modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya) dan rugpull (merupakan tipe scam atau penipuan di mana developer koin/token meninggalkan sebuah proyek begitu saja dan membawa kabur uang yang telah ditanamkan para investor) termasuk juga masalah tranparansi dan kepercayaan. Berikut beberapa contoh marketplace yang cocok diterapkan blockchain :

1.     Marketplace untuk barang branded bekas

2.     Marketplace NFT

3.     Marketplace produk pertanian dan makanan

4.     Marketplace P2P

5.     Marketplace real estate

6.     Marketplace barang bekas dan pre loved

7.     Marketplace ticketing

8.     Marketplace musik dan hak cipta

9.     Marketplace game online

 

Contoh integrasi blockchain yaitu moralis (moralis.io) yang menyediakan API dan SDK tingkat perusahaan yang menjembatani kesenjangan pengembangan antara Web2 dan Web3, memberdayakan pengembang untuk mengintegrasikan blockchain ke dalam tumpukan teknologi apa pun dalam waktu singkat. Menggunakan Moralis berarti pengguna dapat mengembangkan dan menerapkan dapps dengan cepat dan efisien, sehingga mengurangi biaya dan waktu pemasaran secara drastis. Rangkaian API moralis, termasuk API NFT, API EVM, dan API Solana memungkinkan Anda mengambil kepemilikan NFT, transfer, harga, metadata, aktivitas dompet on-chain, dan banyak lagi - semuanya secara real-time dan lintas-rantai. Contoh NFT marketplace adalah Open Sea (opensea.io),  adalah sebuah platform marketplace yang memungkinkan jual beli NFT secara online. OpenSea yang didirikan oleh Devin Finzer dan Alex Atallah sejak Maret 2020 pun telah berkembang menjadi salah satu marketplace besar dan populer untuk transaksi NFT di dunia. Secara singkatnya, NFT (Non Fungible Token) merupakan aset digital yang menggunakan teknologi blockchain sehingga setiap transaksi di dalamnya dapat tercatat. Nantinya pada NFT terdapat sebuah kode unik yang membuat aset terdaftar pada orang tertentu.

 

Urgensi penggunaan blockchain :

1.     Keamanan data yang lebih tinggi

2.     Transparansi

3.     Pengurangan perantara

4.     Asal usul produk

5.     Smart contracts

6.     Resistensi censorship











Comments